Hampir Semua Smartphone di Jepang Tahan Air Sejak Satu Dekade Silam




Casio Canu 502S yang rilis di tahun 2005 adalah ponsel waterproof pertama di Jepang

Ketika Apple, Samsung dan merk smartphone lain baru saja memulai membuat produknya tahan air, berbeda dengan perusahaan asal Jepang.

Melansir Nextshark.com, kebanyakan dari perusahaan handphone di Jepang telah membuat produknya waterproof lebih dari sepuluh tahun yang lalu. Ada satu alasan yang spesial, yaitu agar pengguna dapat membawa handphone mereka ke dalam kamar mandi.

Wanita di Jepang sangat terikat dengan ponsel mereka sehingga mereka tidak tahan untuk meningglkan ponsel mereka sebentar saja bahkan untuk mandi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, hampir setiap merk handphone di Jepang membuat produknya tahan air.

“Di Jepang, kamu tidak bisa menjual handphone yang tidak tahan air.

Sekitar 90 hingga 95 persen handphone yang dijual sudah waterproof,” ujar eksekutif Panasonic, Taro Itakura pada AFP tahun 2012 lalu.

“Mengapa? Alasannya unik. Wanita di Jepang, khususnya remaja, memilih untuk membawa handphone mereka ketika mandi. Ponsel menjadi benda yang harus ada.” sambung Itakura.

Merk handphone internasional yang belum tahan air harus membuat produknya waterproof terlebih dahulu agar dapat dijual di Jepang, seperti yang dilaporkan oleh Mashable. Pabrik asal Korea, LG, merupakan salah satu merk yang mulai memasuki Jepang.

“Di Jepang, ponsel tahan air lebih penting daripada kemampuan melepas baterai,” ungkap direktur komunikasi LG, Ken Hong.

Casio Canu 502S yang rilis tahun 2005 lalu, merupakan ponsel waterproof pertama di Jepang. Merk lain kemudian mengikuti jejak Casio Canu 502S dengan membuat produknya tahan air.

Sumber: tribun news

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.