Hal-hal Unik yang Dapat Ditemui Saat Berada di Jepang




DCIM100GOPROGOPR2273.

3. Vending machine

Vending machine atau mesin penjual otomatis sudah menjadi teman setia orang Jepang yang mendukung aktivitas sehari-hari mereka. Di banyak negara, termasuk di Indonesia memang juga ada mesin ini. Tapi, di Jepang jumlahnya sangat luar biasa banyak. Bahkan, jarak antara satu mesin dengan mesin lainnya sangat berdekatan, seperti jarak antara indomaret dan alfamart di Indonesia.

Banyaknya mesin penjual otomatis membuat Jepang dijuluki sebagai Negeri 1000 vending machine. Kalian akan lebih mudah menemukan mesin ini daripada sepeda motor saat berada di Jepang.

Baca juga: Jepang, Negeri 1000 Vending Machine!

4. Berdiri di eskalator

Tatacara berdiri di eskalator Jepang mungkin wajar bagi orang dari negara lain, namun akan menjadi unik untuk orang Indonesia. Jika di Tanah Air kita terkadang berdiri sejajar bersama teman saat di eskalator, di jepang hal tersebut tidak boleh dilakukan.

DCIM100GOPROGOPR8087.

Jika di Tokyo, kita harus berdiri di sisi sebelah kiri jika ingin bersantai karena sisi kanan dikhusukan untuk orang-orang yang berjalan cepat mengejar waktu. Sedangkan di Osaka, kalian harus berdiri di sisi sebaliknya. Jadi, jangan sampai salah.

Baca juga: Tokyo, Osaka dan Eskalator

5. Jarang tempat sampah

Hal unik ini sempat membuat kami garuk-garuk kepala saat ingin membuang sampah karena tempat sampah sangat jarang ditemui di Jepang. Tempat sampah umumnya hanya tersedia di bagian tertentu stasiun atau di depan konbini.

tempat-sampah

Kami sempat bertanya kepada sahabat orang Jepang. Menurutnya hal ini untuk mencegah teroris atau siapapun yang ingin menaruh bom di tempat sampah. Alasan lainnya adalah mereka menganggap banyaknya tempat sampah justru membuat wilayah sekitar menjadi kotor karena bau yang tidak sedap dan sisa-sisa sampah yang keluar dari tempatnya.

Meski jarang tempat sampah, bukan berarti mereka akan membuang sampah sembarangan. Biasanya sampah mereka akan disimpan di dalam tas sampai mereka menemukan tempat sampah. Jika tidak menemukan disepanjang perjalanan, mereka akan membawa pulang sampah mereka.

Baca juga: Mengapa Kota Besar di Jepang Tetap Terjaga Kebersihannya?

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.