Hal-hal Unik yang Dapat Ditemui Saat Berada di Jepang




Selain memiliki banyak tempat wisata yang menarik, Jepang juga memiliki banyak keunikan yang berbeda dengan negara lain

Selain pesona keindahan tempat-tempat wisata, daya tarik lain dari Jepang adalah mereka memiliki banyak hal unik yang mungkin hanya bisa ditemukan di negara mereka. Hal ini yang kerap mengundang minat wisatawan untuk mengunjungi Negeri Sakura.

Berikut akan kami hadirkan beberapa hal unik yang akan ditemui di Jepang berdasarkan pengalaman kami. Mungkin juga banyak dari kalian yang sudah merasakannya saat berkunjung ke Jepang.

1. Dilarang menggunakan telepon di kereta/kendaraan umum

Kereta adalah moda transportasi utama di Negeri Sakura. Bahkan, mayoritas penduduk mereka yang tinggal di kota besar seperti Tokyo tidak memerlukan kendaraan pribadi karena sudah wilayah bisa dijangkau dengan kereta. Jika di Indonesia kita sering melihat orang yang masih menggunakan telpon untuk berbicara saat berada di kereta, tidak demikian dengan di Jepang.

silent-mode

Dalam budaya Jepang, hal ini dikenal dengan nama manner mode (マナーモード) atau silent mode dalam bahasa inggris. Para penumpang dianjurkan untuk mengaktifkan mode tersebut dengan tujuan agar tidak mengganggu orang lain yang sedang berada di dalam satu bus atau kereta dengan kita.

Untuk membunuh kebosanan saat berada di dalam kereta, orang Jepang biasanya akan membaca buku ataupun tidur. Jangan heran jika kalian ke Jepang akan melihat pemandangan tersebut di kereta.

Baca juga: Larangan Menggunakan Handphone di Jepang

2. Kloset toilet bersuara

Orang Jepang sangat menghargai toilet, tak heran jika toilet di negara mereka termasuk salah satu yang paling bersih di dunia. Hal ini juga tak terlepas dari kepercayaan dimana mereka percaya dengan adanya dewa toilet atau Kawaya-no-kami. Mereka percaya jika sang dewa memberikan panen yang baik dan juga melindungi orang-orang agar tidak terjatuh ke dalam lubang toilet.

toilet musik jepang

Satu hal unik lainnya di toilet Jepang adalah fitur suara atau musik yang dapat meredam aktivitas pengguna selama di toilet. Suaranya beragam, dari suara monyet di hutan, suara air terjun, suara kodok, hingga lagu.

Orang Jepang rupanya sangat menghargai privasi orang lain. Suara ini dibuat agar orang di toilet bilik sebelahnya tidak bisa mendengar aktivitas toilet yang sedang dilakukan orang disebelahnya, begitupun sebaliknya. Sebagian besar toilet di tempat umum seperti mall dan restoran sudah memiliki fasilitas suara ini.

Baca juga: Mengapa Toilet di Jepang Sangat Bersih?

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.