Hal-hal yang Perlu Diketahui Sebelum Berlibur ke Jepang




Ketika Anda mempunyai rencana untuk pergi atau berlibur ke negara lain, memang sudah selayaknya untuk mengetahui “Do’s and Don’ts” yang ada di negara tersebut.

Karena tiap negara pasti akan berbeda kebiasaan serta kulturnya. Jika Anda sudah memiliki rencana untuk berlibur ke Negeri Sakura, berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui tentang kebiasaan di Jepang.

1. Jangan Memberikan Tip

tips-before-travelling-1

Di Indonesia, kita sering memberikan uang tip kepada seseorang yang sudah membantu sebagai ucapan terima kasih, namun hal ini cukup tabu di Jepang karena dianggap kasar.

Jadi, jangan heran nanti akan ada pelayan dari restoran yang mengejar Anda jika uang kembalian seperti uang receh tidak Anda ambil.

Baca juga: Tips Untuk Mengunjungi Onsen

2. Eskalator

eskalator

Ini sesuatu yang harus Anda ketahui dan ingat karena sangat berbeda dengan di Indonesia. Sering kali di Indonesia kita mengobrol ketika di eskalator. Hal ini sangat tidak dianjurkan di Jepang.

Jika Anda ingin bersantai di eskalator maka anda harus berdiri di sisi sebelah kiri karena sisi kanan diperuntukan untuk orang-orang yang ingin berjalan dan terburu-buru.

Catatan: Di Osaka sedikit berbeda di mana sisi sebalah kanan yang digunakan untuk bersantai, dan sisi kiri untuk orang yang ingin berjalan.

3. Nomor-nomor Tabu

shi

Orang Jepang paling tidak suka dengan nomor 4. Pengucapan untuk angka 4 adalah “shi” yang sama dengan pengucapan kematian. Selain itu mereka juga tidak suka dengan nomor 9 “ku” yang seperti penderitaan atau penyiksaan.

Banyak rumah sakit yang tidak memiliki nomor ini sebagai nomor kamar. Jepang juga tidak suka dengan Friday the13th. Anda tidak akan menemukan nomor kursi dengan angka 4, 9 dan 13 di All Nippon Airways.

4. Kereta Khusus Wanitawomen train

Kereta adalah alat transportasi paling utama di Jepang. Selama berada di sana, Anda juga dianjurkan untuk menaikinya karena biaya naik taksi sangat mahal. Harus diketahui juga jika ada kereta khsusus wanita yang berwarna merah jambu.

Jadi, jika nanti Anda terburu-buru, harus dilihat lagi warnanya, jangan sampai salah naik kereta karena pastinya akan menjadi bahan tertawaan.

5. Tato

tato

Orang Jepang masih sangat tabu dengan tato karena identik dengan Yakuza. Meski kini image tato sudah lebih dominan dengan seni, namun hampir semua pemandian air panas atau Onsen di Jepang tidak mengizinkan orang bertato untuk masuk ke dalam.

Jika Anda memiliki tato dan ingin masuk ke Onsen, sebisa mungkin Anda harus tutupi tato dan jangan sampai ketahuan.

Tentunya masih banyak lagi hal-hal yang wajib anda ketahui sebelum pergi ke Jepang dan mungkin akan kita bahas di artikel selanjutnya!

Foto: google.com

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.