Hafu dan Globalisasi di Dunia Hiburan Jepang




Becky adalah salah satu Hafu tercantik dan tersukses di Jepang

Dari tahun ke tahun, Jepang telah menjalani berbagai macam perubahan. Banyak orang silih berganti masuk dan keluar, bertukar pikiran dan membawa sesuatu baru.

Seiring berjalannya waktu, orang asing tidak hanya tambah tertarik  hanya karena mengetahui kebudayaan Jepang saja, tetapi juga mereka ingin merasakannya sendiri. Orang-orang dari tempat yang berbeda di dunia mencoba tinggal di negara baru yang menyenangkan ini.

Ketika mereka tahu dan ingin benar-benar tinggal di negeri Sakura, kemungkinan untuk berhubungan dan berinteraksi dengan sekitar pun muncul. Secara alami dari kasus ini, ‘Hafu’ pun lahir.

Hafu

Istilah Hafu (ハーフ) di Jepang digunakan kepada seseorang yang mempunyai setengah darah Jepang dan setengah darah kebangsaan lain.

Jumlah Hafu di Jepang terus bertambah seiring bertambahnya juga orang asing yang datang ke negara tersebut.

Namun kelahiran Hafu yang paling menonjol datang dari negara-negara seperti Amerika, Brazil, Tiongkok, Korea, dan Filipina.

Hafu di Industri Hiburan Jepang

Jika Anda sering menonton acara televisi Jepang, kami yakin Anda sudah pernah melihat paling tidak satu dari Hafu yang terlibat di acara variety show, drama, ataupun film.

Seiring dengan jumlah Hafu yang kian meningkat, beberapa dari mereka terjun ke industri hiburan.

Karena figur “antar-ras”, Hafu tentu lebih mudah dikenali. Mereka yang bertubuh tinggi dan langsing serta berpenampilan unik atau “eksotis”, juga banyak yang terjun ke dunia modeling.

Hafu Yang Terkenal di Jepang

Diantara banyaknya Hafu di industri hiburan, berikut ini beberapa Hafu yang sudah terkenal dan menghiasi dunia industri di Jepang:

1. Rola

'Ratu CM' adalah julukan artis berdarah Jepang, Rusia dan Bangladesh ini
‘Ratu CM’ adalah julukan artis berdarah Jepang, Rusia dan Bangladesh ini

Banyak darah yang mengalir didalam wanita cantik ini. Ibunya adalah wanita Jepang keturunan Rusia sedangkan ayahnya berasal dari Bangladesh.

Model berusia 25 tahun ini adalah langganan majalah-majalah fashion di Jepang. Selain sebagai model, Rola juga adalah seorang penyanyi dan juga sudah merambah dunia perfilman. Belum lama ini ia mengumumkan jika akan terlibat dalam film Resident Evil: The Final Chapter.

Fakta menarik lainnya dari Rola dimana ia memiliki followers ketiga terbanyak dari semua artis Jepang yang memiliki akun twitter. Ia memiliki jumlah pengikut di twitter sebanyak 3,2 juta.

2. Becky

Wajah cantik Becky sering menghiasi variety show di Jepang
Wajah cantik Becky sering menghiasi variety show di Jepang

Dinilai sebagai salah satu Hafu tercantik sekaligus tersukses dalam dunia hiburan di Jepang . Pada 2008 ia dianugerahi sebagai artis wanita paling populer oleh Japan Today karena di tahun itu ia membintangi iklan (14) lebih banyak dari artis-artis Jepang lainnya.

Di usianya yang sudah menginjak kepala 3, perempuan yang terlahir dengan nama Rebecca ini masih menjadi salah satu ratu dunia hiburan di Jepang.

3. Jun Hasegawa

Jun Hasegawa dinilai sebagai salah satu model tercantik di Jepang
Jun Hasegawa dinilai sebagai salah satu model tercantik di Jepang

Lahir di New Hampshire, Amerika Serikat ia kemudian menghabiskan masa kecilnya di Hawaii hingga ada seorang pemandu bakat dari Jepang menawarinya untuk ikut audisi di salah satu production company di negeri Sakura.

Ia kemudian pindah ke negara asal sang ibu bersama keluarganya. Setahun pertama sejak kepindahannya ke Jepang tidaklah mudah dimana ia berkali-kali gagal dalam audisi model.

Akhirnya ia sukses melewati seleksi model untuk sebuah majalah fashion bernama  ViVi. Sejak saat itulah karirnya sebagai model dimulai dan sampai sekarang menjadi salah satu model papan atas di Jepang.

4. Maggy

maggy
Kepopuleran Maggy yang kian menanjak membuatnya diyakini bisa menyangi Rola

Sekarang ini mungkin ia adalah Hafu yang sedang menjadi buah birir di dunia modeling Jepang. Perbincangan hangat pun terjadi dimana banyak yang memperkirakan Maggy akan bisa menggusur kepopularitasan Rola nantinya.

Gadis berusia 23 tahun ini memiliki darah Skotlandia-Kanada dari sang ayah dan lancar berbicara bahasa Jepang dan Inggris. Selain sebagai model, ia juga aktif sebagai pembawa acara-acara televisi Jepang.

5. Shirota Yuu

Shirota Yuu bersama Presiden FC Barcelona ditahun 2011
Shirota Yuu bersama Presiden FC Barcelona ditahun 2011

Terlahir dari pasangan Jepang dan Spanyol, aktor dan penyanyi ini sempat tinggal di Barcelona selama empat tahun sebelum kembali lagi ke Jepang.

Memiliki darah Spanyol dan pernah tinggal di Katalan sudah tentu ia menyukai sepakbola. Hal ini lah yang membuat FC Barcelona menujuknya sebagai fans kehormatan pertama mereka di Jepang.

Karirnya di dunia hiburan dimulai ditahun 2003 dan setahun berselang ia bergabung dengan male idol group yang bernama D-Boys. Ditahun 2008 ia dinobatkan sebagai salah satu “most promising actors” oleh Oricon.

6. Shirahama Alan

Memiliki darah Jepang dan Filipana, ia adalah pemimpin dari Generations from Exile Tribe
Memiliki darah Jepang dan Filipana, ia adalah pemimpin dari Generations from Exile Tribe

Ibunya berasal dari Filipina yang menikah dengan seorang pria asal Jepang. Ia adalah member idol group paling populer di Jepang Exile dan leader dari Generations from Exile Tribe.

7. Triendl Reina

Triendl Reina dalam film Tag [Riaru Onigokko]
Triendl Reina dalam film Tag [Riaru Onigokko]

Triendl Reina lahir di Vienna, Austria. Ayahnya adalah pria asal Jerman dan ibunya asli dari Jepang. Tak heran ia dapat menguasai tiga bahasa, Jepang, Inggris dan Jerman.

Wajahnya yang cantik membuatnya sudah menjadi model sejak usia belasan dan kemudian menjadi aktris dalam beberapa film seperti Ju-on: The Beginning of the End dan Tag / Real Onigokko.

Selain nama-nama diatas, masih banyak lagi Hafu yang menghiasi dunia industri di Jepang.

Mike Shinoda dari Linkin Park pun layak untuk dimasukan kedalam kategori ini karena ayahnya berasal dari Jepang. Selain itu, Miss Universe Jepang tahun 2015 pun seorang Hafu.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.