Gol Tomiyasu Berhasil Mengantarkan Jepang ke Perempat Final Piala Asia 2019




Takehiro Tomiyasu berhasil mencetak gol ke gawang Arab Saudi | PHOTO: Kaoru Watanabe

Jepang melanjutkan perjalanan mereka di babak 16 besar Piala Asia 2019 pada hari Senin, 21 Januari 2019. Pertandingan yang berlangsung di Sharjah Stadium ini mempertemukan Samurai Biru dengan salah satu wakil dari Timur Tengah, yakni Arab Saudi. Yoshida dan kolega memulai pertandingan dengan cukup buruk, berkali-kali melakukan pelanggaran yang membuat Arab memiliki banyak peluang yang sayangnya gagal dimaksimalkan.

Peluang bagi Jepang muncul di menit ke-20, Gaku Shibasaki yang bertugas menjadi penendang tendangan penjuru mampu memberikan umpan silang yang diterima dengan baik oleh Takehiro Tomiyasu di muka gawang Arab. Tandukan dari bek berusia 20 tahun tersebut berhasil menjebol gawang yang dikawal oleh Mohammed Al Owais.

Meski sudah memimpin 1-0, permainan Jepang tidak kunjung membaik. Lagi-lagi banyak pelanggaran yang dibuat sehingga Arab Saudi terus menekan pertahanan. Namun sampai berakhirnya babak pertama, keunggulan Jepang tetap bertahan. Di babak kedua, tidak banyak perubahan yang dilakukan oleh Hajime Moriyasu.

Permainan yang buruk ditampilkan oleh Maya Yoshida dan kolega, meski memiliki beberapa peluang, tapi Arab Saudi memegang penuh kendali permainan. Hal ini bisa dilihat dari penguasaan bola Jepang yang hanya ada di angka 28% dan total pelanggaran yang dibuat mencapai angka 27 kali sampai pertandingan berakhir.

Meski begitu, tim besutan Hajime Moriyasu mampu mempertahankan keunggulan sehingga mereka berhak lolos ke babak perempat final. Jepang akan menghadapi satu-satunya wakil tersisa dari Asia Tenggara, yakni Vietnam di babak delapan besar yang akan berlangsung tanggal 24 Januari mendatang.

HIGHLIGHTS: Jepang 1-0 Arab Saudi

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.