Gol Teerasil Dangda Menangkan Sanfrecce Hiroshima di Pekan Pertama J.League




Gol semata wayang Teerasil Dangda berhasil membawa Sanfrecce Hiroshima meraih tiga poin | PHOTO: J.League

Salah satu liga sepak bola terbaik di Asia, yakni J.League divisi satu musim 2018 secara resmi bergulir pada tanggal 23-25 Februari lalu. Tak hanya itu, setelah percobaan di musim 2017, akhirnya mulai musim ini J.League juga memberlakukan pertandingan pada hari Jumat yang berbarengan dengan jadwal “Premium Friday” di Jepang.

Pekan pertama J1 dibuka dengan pertandingan antara wakil dari wilayah Kyushu, yakni Sagan Tosu dengan tim asal wilayah Kansai, Vissel Kobe. Memulai pertandingan dengan langsung memulai serangan, Sagan Tosu yang musim ini masih diasuh oleh pelatih asal Italia, Massimo Ficcadenti, langsung mendapat keunggulan di menit ke-3 karena mendapatkan tendangan pinalti.

Kyosuke Tagawa yang menjadi algojo sukses menyelesaikan tugasnya dengan baik dan membuat dirinya menjadi pencetak gol perdana J.League divisi satu musim 2018. Setelah tertinggal, Vissel Kobe terus menerus menggempur jantung pertahanan Tosu. Namun kedudukan tidak berubah sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, Kobe tidak mengendurkan serangan tetapi masih belum menemukan titik terang. Sang pelatih, Takayuki Yoshida pun memutuskan untuk menurunkan pemain timnas Thailand yang dipinjam oleh Vissel Kobe dari Muangthong United, yakni Teerathon Bunmathan. Hasilnya serangan Kobe menjadi lebih bervariasi dan Teerathon hampir mencetak gol lewat tendangan bebas.

Harapan Ficcadenti membawa anak asuhnya mendapatkan tiga poin di pekan pertama harus sirna setelah Mike Havenaar mencetak gol penyama kedudukan di menit ke-87 sekaligus membuat kedudukan imbang 1-1 sampai peluit panjang dibunyikan. Di pertandingan lainnya, ada pemain timnas Thailand yang juga menjalani debut bersama tim barunya.

Selebrasi Kengo Nakamura usai mencetak gol ke gawang Jubilo Iwata | PHOTO: J.League

Ia adalah Teerasil Dangda yang pada musim 2018 ini bermain untuk Sanfrecce Hiroshima. Pada hari kedua J.League divisi satu, sang pelatih Hiroshi Jofuku langsung memainkan dirinya ketika Sanfrecce menjamu Hokkaido Consadole Sapporo. Kesempatan yang telah diberikan oleh pelatih pun tidak disia-siakan penyerang berusia 29 tahun tersebut.

Teerasil berhasil membawa timnya unggul di menit ke-28 melalui sundulannya. Bahkan gol semata wayang dari pemain timnas Thailand itu pun sukses membawa Sanfrecce Hiroshima menang 1-0 atas Hokkaido Consadole Sapporo. Selain berhasil mencetak gol di laga debut, Teerasil Dangda juga dinobatkan sebagai “Man of the Match” pada laga tersebut.

Di hari terakhir pekan perdana J1, sang juara bertahan Kawasaki Frontale bertandang ke markas Jubilo Iwata. Kengo Nakamura dan rekan yang memulai musim 2018 dengan hasil tidak memuaskan baik di Piala Super maupun Liga Champions Asia mengusung misi untuk membawa pulang tiga angka.

Memulai pertandingan dengan langsung menyerang, Frontale akhirnya sukses membuka keunggulan di menit ke-24 melalui sundulan dari Kengo Nakamura. 19 menit berselang setelah gol pertama, tim asal prefektur Kanagawa ini kembali menambah keunggulan setelah sundulan Shogo Taniguchi gagal dibendung oleh kiper Jubilo Iwata.

Pesta gol Frontale tidak berhenti sampai disitu karena di masa injury time babak pertama, sundulan dari Eduardo pun semakin memantapkan posisi timnya menjadi 0-3 atas Jubilo. Kedudukan tersebut pun bertahan sampai peluit panjang dibunyikan dan membuat Kawasaki Frontale memimpin klasemen sementara berkat unggul selisih gol.

Hasil J.League divisi satu pekan pertama selengkapnya:

Sagan Tosu 1-1 Vissel Kobe

FC Tokyo 1-1 Urawa Reds

Sanfrecce Hiroshima 1-0 Hokkaido Consadole Sapporo

Gamba Osaka 2-3 Nagoya Grampus

Shonan Bellmare 2-1 V-Varen Nagasaki

Jubilo Iwata 0-3 Kawasaki Frontale

Shimizu S-Pulse 0-0 Kashima Antlers

Vegalta Sendai 1-0 Kashiwa Reysol

Cerezo Osaka 1-1 Yokohama F. Marinos

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



Faiz Fachnaz Saputra 67 Articles
Gamer | IGN: Riyuunyan | Japanese Football Enthusiast | Pokemon Master | Freelance Writer | SAISAI x DIA x UNI.T x BLACKPINK x (G)I-DLE x KHAN x NeonPunch