Gol dari Ritsu Doan Sukses Mengantarkan Samurai Muda Meraih Kemenangan




Ritsu Doan merayakan golnya bersama Takefusa Kubo | PHOTO: Koki Nagahama/Gekisaka

Piala Dunia U-20 yang dilaksanakan di Korea Selatan sudah dimulai semenjak tanggal 20 Mei kemarin. Namun pasukan Samurai Biru muda baru bertanding pada hari Minggu, 21 Mei 2017 sore waktu setempat dengan menghadapi wakil dari Benua Hitam, Afrika Selatan.

Tampil menekan semenjak awal pertandingan, Afsel berhasil mencuri gol terlebih dahulu melalui sepakan dari Grant Margeman yang membentur bek Takehiro Tomiyasu dan bola masuk ke gawang Jepang.

Jepang sempat memiliki peluang emas lewat kaki dari Koki Ogawa, sayang tendangannya masih membentur tiang gawang dan keunggulan Afrika Selatan 1-0 bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua, Daisuke Sakai dan kawan-kawan mulai berinisiatif menyerang.

Yuto Iwasaki yang melakukan serangan dari sisi kiri memberikan umpan kepada Ogawa, bola hasil sepakannnya terlihat sudah melewati garis gawang ketika dibuang oleh kiper Afrika Selatan dan wasit akhirnya mengesahkan gol dari penyerang milik Jubilo Iwata tersebut dengan bantuan teknologi garis gawang.

Semenjak kedudukan seri 1-1, permainan kedua tim saling berimbang sampai akhirnya di menit ke-72 Ritsu Doan berhasil membawa Jepang berbalik unggul menjadi 1-2. Berawal dari serangan cepat pemain pengganti Takefusa Kubo, ia memberikan umpan tarik kepada gelandang milik Gamba Osaka yang berdiri bebas dan sepakan kerasnya tak mampu dihalau kiper Afrika Selatan.

Tertinggal satu gol membuat wakil dari Benua Afrika tersebut melancarkan serangan bertubi-tubi ke gawang yang dikawal oleh Ryosuke Kojima. Akan tetapi keunggulan 1-2 bertahan hingga pertandingan usai. Hasil ini membawa Jepang memimpin klasemen sementara grup D dengan raihan tiga poin, diikuti oleh Uruguay yang menang 1-0 atas Italia di peringkat kedua.

HIGHLIGHTS: Afrika Selatan 1-2 Jepang

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



Faiz Fachnaz Saputra 52 Articles
Gamer | IGN: Riyuunyan | Japanese Football Enthusiast | Pokemon Master | Freelance Writer | SAISAI Family x AID x i's