Glico Man, Papan Iklan yang Menjadi Simbol Kota Osaka




Papan Glico Man di Osaka

Bagi para Kansai lad, pasti kalian semua tahu Glico Man kan? Billboard bergambar pelari berukuran raksasa tersebut memang sudah lama menjadi simbol kota dengan penduduk terbanyak ke-2 di Jepang ini. Saking terkenalnya, sampai seakan-akan menjadi wajib hukumnya berfoto dengan ikon ini bila berkunjung ke Osaka.

Kali ini The Daily Japan akan membahas mengenai asal usul dan juga perkembangan Glico Man, sang maskot Kota Osaka.

Baca Juga
Beragam Tempat Wisata Menarik di Osaka yang Harus Dikunjungi
Menikmati Keindahan Osaka Dari Umeda Sky Building
Dotonbori: Jantung Kota Osaka yang tak Pernah Tidur
Tips Menginap di Bandara Internarsional Kansai

Glico Man sebenarnya adalah ikon dari perusahaan snack Ezaki Glico yang berbasis di Osaka. Pada tahun 1935, perusahaan mempromosikan produk permennya dengan tagline “300 Meters on a Single Piece”, yang memiliki arti satu permen Glico memiliki kandungan energi setara dengan orang yang berlari sepanjang 300 meter.

Billboard Glico Man dengan latar bendera Indonesia

Pose Glico Man yang mengangkat kedua tangannya seolah-olah menggambarkan kemenangan, oleh karena itu papan ini juga dianggap mewakili sportivitas dan semangat olahraga masyarakat Osaka.Tanpa disangka-sangka, kampanye yang dilakukan tersebut sukses besar.Untuk mendukung kampanyenya tersebut, maka perusahaan Glico memasang billboard setinggi lebih dari 30 meter bergambar pelari di kawasan Dōtonbori.

Papan iklan ini dianggap sangat menonjol dan menarik jika dibandingkan dengan puluhan papan iklan lainnya di kawasan Dōtonbori. Seiring berjalannya waktu, billboard Glico Man menjadi semakin terkenal dan akhirnya menjadi simbol kota Osaka.

Billboard Glico Man membuat Kanal Dotonbori tak pernah sepi hingga malam hari

Menjadi tidak mengherankan Billboard ini kemudian kerap berganti desain sesuai dengan acara olahraga yang sedang berlangsung. Glico Man sempat mengenakan kostum tim nasional Jepang saat World Cup, dan mengenakan kostum tim baseball kebanggaan Osaka Hanshin Tigers untuk mendukung mereka saat kompetisi berlangsung.

Ketenarannya memang sudah mendunia shingga jika melihat gambar ini maka yang pertama terlintas pastilah Osaka. Rasanya siapapun yang berkunjung ke Osaka, tak akan lengkap tanpa mengabadikan momen bersama Glico Man.

Glico Man dengan Kostum Hanshin Tigers

Papan iklan ini sendiri sudah enam kali berganti desain sejak pertama kali dipasang, papan versi terbaru ini sudah tidak lagi menggunakan lampu neon dan digantikan oleh 140.000 lampu LED yang lebih hemat energi. Terlepas dari desainnya yang terus berubah-ubah, Glico Man akan tetap dan selalu menjadi primadona bagi masyarakat Osaka.

Akses menuju Dotonbori bisa menggunakan kereta subway lalu turun di stasiun subway Namba ataupun Namba nankai yang dilanjutkan dengan berjalan kaki. Jika kalian pemegang JR Pass, bisa menggunakan kereta JR ke stasiun JR Namba.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1807 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.