Gempa Yang Terjadi di Fukushima Berimbas ke Bengkulu




Gempa dengan kekuatan 7,3 pada Skala Richter (SR) mengguncang Prefektur Fukushima di bagian timur-laut Jepang hari Selasa pagi (22/11) kemarin. Guncangan terpusat di perairan lepas pantai Prefektur Fukushima.

Gempa besar tersebut juga terasa di Tokyo, Chiba, dan Ibaraki. Tak hanya itu, ternyata gempa di Fukushima juga berimbas ke Bengkulu.

Hal tersebut disampaikan Kepala Stasiun Geofisika BMKG Kepahiang Bengkulu, Litman. Sekitar pukul 04.47 WIB, gempa bumi melanda Bengkulu, tepatnya di Muara Aman, Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu. Kemudian, sekitar pukul 06.25 WIB, terjadi juga gempa di Kabupaten Kaur dengan kekuatan 3,9 skala Richter.

Berdasarkan analisis, kedua gempa tersebut merupakan gangguan gempa di pantai timur Jepang. “Analisis pengamatan karena gangguan gempa di Jepang,” kata Litman seperti yang kami lansir dari laman Kompas.

Menurut Litman, gempa di Bengkulu tersebut bukan gempa tektonik. Kedua gempa tersebut terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah dan lempeng Eurasia. Bukan gempa darat atau adanya pergeseran sesar Sumatera. Gempa dengan skala rendah tersebut nyaris tidak dirasakan oleh masyarakat Bengkulu.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.