Gempa di Kyushu Adalah yang Terbesar Sejak Gempa di Tohoku 2011




Banyak rumah di Kumamoto hancur akibat gempa besar

Jepang adalah salah satu negara yang sering diguncang gempa Di era modern, Negara Matahari Terbit itu terhitung dua kali dihantam gempa besar yakni pada tahun 1995 di Kobe dan tahun 2011 di wilayah Tohoku.

Gempa besar kembali menerpa Jepang hari Kamis (14/4) kemarin di wilayah Kyushu. Gempa berkekuatan 6.4 SR mengguncang Prefektur Kumamoto dan menjadikannya sebagai gempa terbesar sejak tahun 2011 di Tohoku meski tidak ada indikasi tsunami.

Dilaporkan The Japan Times, gempa tersebut menewaskan dua penduduk kota Mashiki yang terletak di Kumamoto serta mencederai lebih dari 200 orang. 1,800 warga lainnya telah meninggalkan rumah mereka dan berlindung di area evakuasi.

Lebih dari 20 rumah hancur dan beberapa orang terperangkap di bawah puing-puing. Sedikitnya tujuh kebakaran juga terjadi akibat gempa yang berlangsung lebih dari 10 kali kemarin malam.

Di Tokyo, Perdana Menteri Shinzo Abe segera membentuk markas darurat dan menginstruksikan otoritas terkait untuk mengumpulkan informasi.

Sementara Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga dalam konferensi pers mengatakan pemerintah sedang melakukan yang terbaik untuk mendapatkan gambaran penuh situasi, dan menambahkan bahwa prioritas utama adalah operasi penyelamatan.

Menteri Pertahanan Jenderal Nakatani mengungkapkan bahwa Pasukan Bela Diri pesawat terbang dan helikopter telah dikirim ke daerah yang dilanda gempa untuk memastikan tingkat kerusakan. Lebih dari 350 personil militer telah dikirim untuk bekerja penyelamatan.

Gempa ini juga menganggu sistem transportasi kota. JR Kyushu menunda semua perjalanan Kyushu Shinkansen Line sedangkan Sanyo Shinkansen Line yang menghubungkan Pulau Honshu dan Kyushu juga sempat mengalami penundaan meski akhirnya kembali beroperasi.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.