Gempa 7,3 SR Guncang Fukushima




Gempa dengan kekuatan 7,3 pada Skala Richter (SR) mengguncang Prefektur Fukushima di bagian timur-laut Jepang pada Selasa menurut Badan Meteorologi Jepang.

Gempa pukul 05.59 waktu setempat tersebut tercatat di bawah 5 pada skala seismik Jepang yang memiliki 7 tingkat di Prefektur Fukushima, kata Badan Meteorologi Jepang.

Peringatan tsunami tiga-meter dikeluarkan dan gelombang pertama tsunami teramati di lepas pantai 20 kilometer di sebelah timur Kota Iwaki di Prefektur Fukushima. Pusat gempa berada pada 37,3 derajat Lintang Utara dan 141,6 derajat Bujur Timur di kedalaman 10 kilometer.

Guncangan terpusat di perairan lepas pantai Prefektur Fukushima, yang berbatasan dengan Samudra Pasifik dan berada di sebelah timur-laut ibu kota Jepang, Tokyo.

Guncangan juga terasa di Tokyo Tengah serta prefektur di bagian timur-laut Jepang termasuk Tochigi dan Ibaraki. Sebagian layanan kereta Shinknsen dibekukan di Jepang Timur.

Setakat ini tak ada kondisi tidak normal yang terjadi di pembangkit listrik tenaga nuklir, Fukushima No.1 dan No.2, di Prefektur Fukushima dan pembangkit listrik tenaga nuklir di Prefektur Miyagi di bagian timur-laut Jepang.

[updated]

Badan Meteorologi dan Geofisika Jepang sudah mencabut bahaya tsunami. Meski demikian, penduduk sekitar diharapkan terus berjaga jika nantinya ada gempa susulan.

Untuk warga Indonesia yang berada di sekitar wilayah  gempa dan membutuhkan pertolongan, bisa menghubungi nomor-nomor Hotline KBRI Tokyo untuk emergency call/request: +81 80 3506 8612  dan +81-80-4940-7419.

Sumber: antara, japan times, KBRI Tokyo

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.