Gagal Bersinar di La Liga, Hiroshi Kiyotake Mudik ke Jepang




Hiroshi Kiyotake saat merayakan golnya ke gawang Espanyol di pertandingan pertama La Liga 2016-17

Liga Spanyol atau La Liga masih menjadi mimpi buruk untuk pesepakbola Jepang. Tidak seperti di Jerman, Para Samurai Biru kesulitan untuk menaklukan Negeri Matador.

Hiroshi Kiyotake harus mengakhiri petualangannya bersama Sevilla lebih cepat. Salah satu punggawa timnas Jepang itu akhirnya memutuskan untuk kembali ke mantan klubnya Cerezo Osaka setelah 6 bulan berkarir di klub yang berasal dari Andalusia tersebut.

Pemain berusia 27 tahun tersebut bergabung dengan Sevilla pada musim panas tahun lalu dengan durasi kontrak selama 4 tahun dari klub asal Jerman, Hannover 96.

Kiyotake sebenarnya memulai petulangannya di Spanyol dengan baik. Ia bahkan menjadi pemain utama saat Sevilla berhadapan dengan Real Madrid di ajang Piala Super Eropa dan saat berduel dengan Barcelona dalam perebutan Piala Super Spanyol.

Penampilan gemilan Kiyotake saat menghadapi dua klub raksasa tersebut membuatnya kembali diturunkan sejak awal di pertandingan perdana La Liga musim ini saat menjamu Espanyol. Kiyotake mampu menjawabnya dengan torehan sebuah gol.

Menjelang penutupan bursa transfer musim panas 2016, Sevilla mendatangkan Samir Nasri dari Manchester City yang bermain diposisi yang sama dengan Kiyotake. Hal ini yang membuatnya mulai tersingkirkan dari daftar pemain reguler.

Sebelum memutuskan untuk menerima tawaran dari Cerezo, Hertha Berlin dan Seattle Sounders sempat mengajukan tawaran untuk menggunakan jasanya. Namun karena alasan pribadi yang diyakini perihal keluarga, Kiyotake memilih untuk kembali ke Jepang.

Kepulangan kembali Kiyotake ke Jepang tidak hanya menjadi angin segar untuk Cerezo, namun juga Liga Jepang yang sekarang ini seperti krisis bintang usai ditinggalkan banyak pemain timnas ke Eropa.

Usai membela Jepang di ajang Olimpiade London 2012, Kiyotake meninggalkan Cerezo untuk bergabung dengan klub Jerman, FC Nürnberg.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2216 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.