Full Metal Alchemist Jadi Pembuka Tokyo International Film Festival




Full Metal Alchemist (FMA) dari sutradara Fumihiko Sori resmi ditunjuk sebagai pembuka Tokyo International Film Festival (TIFF). Film yang dibintangi oleh Ryosuke Yamada, Tsubasa Honda dan Dean Fujioka ini merupakan versi live dari anime dan manga dengan judul serupa karya Hiromu Arakawa.

Pemilihan FMA sebagai pembuka festival berbeda dengan strategi di tahun-tahun sebelumnya yang selalu menaruh film produksi lokal sebagai penutup festival. Untuk penutup festival, TIFF mempercayakan ini kepada film An Inconvenient Sequel: Truth to Power karya Bonni Cohen dan Jon Shenk.

Dari kategori kompetisi, TIFF yang menginjak usia penyelanggaraan ke-30 ini akan menayangkan 15 film dari 1,538 judul yang masuk dari 88 negara. Indonesia sayangnya masih belum mampu merebut tempat di kompetisi dan harus berpuas dengan program Crosscut Asia dengan dua kehadiran film.

Masih dari program kompetisi, TIFF menunjuk aktor dan sutradara Tommy Lee Jones sebagai president jury dengan anggota sutradara Perancis Martin PROVOST, filmmaker asal Iran Reza MIRKARIMI, sutradara sekaligus aktor dari Tiongkok Zhao WEI, dan aktor Jepang Masatoshi NAGASE.

Dan bukan Jepang kalau tidak menampilkan animator terbaik yang dipunya. Setelah tahun lalu sukses menampilkan Mamoru Hosoda, tahun ini TIFF memberikan program The World of bagi Keiichi Hara untuk menampilkan karya-karyanya. Keiichi Hara yang dikenal lewat Crayon Shinchan berkesempatan menampilkan sembilan film mulai dari Mami the Psychic: Dancing Dolls in a Starry Sky (1988) hingga Miss Hokusai (2015).

TIFF yang akan diadakan pada 25 Oktober hingga 3 November di Roppongi Hills ini dipastikan untuk lebih meriah mengingat penyelenggaraan Olimpiade 2020 yang sebentar lagi. Namun, beberapa tahun terakhir, TIFF dinilai mulai kehilangan pesonanya apalagi jika dibandingkan dengan Busan atau bahkan Osaka yang mampu membawa film-film menarik dan seru.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.