Film Adaptasi Manga dan Anime tak Harus Selalu Menggunakan Aktor Jepang




Pada tanggal 16 September kemarin di Meat Festival Tokyo 2017, sutradara Seiji Mizushima beserta produser anime, Hiroshi Kanemaru dan Tomoki Misawa menggelar sebuah acara diskusi mengenai adaptasi anime dan manga ke dalam film live-action seperti yang sedang menjadi trend saat ini.

Mizushima bekerja sebagai sutradara dan storyboarder untuk adaptasi manga Full Metal Alchemist ke dalam anime di tahun 2003 silam. Ketika ditanya soal film live-action Full Metal Alchemist mendatang, ia mengkritik perihal casting dengan berkata: “Itu adalah ide yang buruk bila kita hanya menggunakan aktor Jepang saja”.

Mengenai kritiknya tersebut, ia pun menjelaskan pemikirannya dengan mengatakan bahwa seorang aktor akan sulit untuk terlihat dan terasa layaknya tokoh asli di dalam manga. Mizushima seperti mengindikasikan jika Full Metal Alchemist yang berlatarkan di Eropa seharusnya menggunakan pemeran dari luar Jepang agar bisa menyesuaikan karakter di dalam cerita.

Mizushima belum lama ini menggarap film live-action Gintama, yang tanpa malu-malu ia mengatakan bahwa adaptasi Gintama terlihat konyol, terlepas dari kesuksesannya saat ini. Kanemaru dan Misawa pun menambahkan bahwa Terraformars termasuk ke dalam salah satu adaptasi film live-action yang buruk. Ketiganya menyetujui bahwa animasi 2D lebih bisa menampilkan ekspresi dan kebebasan dibandingkan dengan film live-action.

Namun, terlepas dari semua kritik, Mizushima masih akan menggeluti film live-action dan melihat potensi yang ada. Ia pun menyebutkan bahwa ada ketertarikan untuk menggunakan 3DCG pada film live action. Ketiganya menyimpulkan bahwa meski mereka lebih menyukai animasi, mereka menerima dan mengapresiasi bagaimana adaptasi film live action membawa masyarakat umum memperhatikan anime dan manga.

Adaptasi film live-action Full Metal Alchemist sendiri akan tayang sebagai film pembuka pada acara Tokyo International Film Festival ke-30 pada tanggal 25 Oktober mendatang. Film ini disutradarai oleh Fumihiko Sori dan aktor Ryosuke Yamada berperan sebagai Edward Elric.

Sumber: arama japan

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.