Fakta Gelap dibalik Kesuksesan Studio Ghibli




Studio Ghibli merupakan institusi yang sangat dicintai di Jepang dan juga mancangara. Bahkan dikenal sebagai “Disney nya Jepang”. Ternyata persamaan diantara keduanya tak sebatas pada kreasinya yang unik, namun juga disfungsi dalam lingkungan kerjanya.

Hal tersebut diungkapkan Produser Hirokatsu Kihara, yang terkenal dengan kreasi klasik Ghibli seperti My Neighbor Totoro dan Castle in the Sky, pada saat wawancara dengan majalah pop culture Inggris, Dazed Digital. Di tengah obrolan bersama Kihara, terselip beberapa fakta yang menarik dan belum pernah terungkap. Ia mengungkapkan bahwa sebenarnya Studio Ghibli tidaklah begitu menghargai para pekerjanya.

“Secara pribadi, saya merasakannya setelah produksi Kiki’s Delivery Service, kreasi setelahnya berfokus pada hasil karya Miyakazi dan Isao Takahata sehingga saya merasa hasilnya kurang ide baru. Setiap film baru yang dirilis menjadi tak lagi memiliki elemen mengejutkan,” ungkap Kihara.

Ia menjelaskan bahwa Ghibli tak lagi menjadi lingkungan kerja yang kreatif seperti seharusnya karena hanya sedikit kolaborasi kreatif yang dilakukan, semua sebatas pada Miyazaki dan Takahata.

Baca Juga
Museum Ghibli, Tempat yang Membangkitkan Imajinasi
Japan Post Rilis Set Perangko Ghibli
Trailer Film Animasi Terbaru Studio Ghibli “The Red Turtle”
5 Centimeters Per Second: Romansa Romantika dalam bentuk Animasi

Namun Kihara sama sekali tak bermaksud menyerang Miyazaki secara personal. Kihara mengungkapkan, “Miyazaki senang menempatkan semua hal tentang dirinya dan yang ia miliki dalam satu film,” Kihara nampak lebih menyalahkan lingkungan kerja yang kurang ideal akibat para petinggi. Tak pelak ia membeberkan fakta bahwa semua orang bisa saja digantikan kapanpun, termasuk Miyazaki yang telah bekerja sekian lama untuk Ghibli.

Salah satu fakta yang mencengangkan adalah ketika Kihara mengungkapkan bahwa dalam Studio Ghibli terdapat satu orang petinggi perusahaan yang ia tak dapat sebutkan namanya dan menurutnya sangat menyeramkan. Ia mendeskripsikan sosok tersebut seperti yakuza dan memerintah seperti politisi. Tetapi perlu diingat pula bahwa sosok tersebutlah yang membuat Ghibli menjadi kaya dan bertahan sekian lama.

Karya Ghibli selalu mengagumkan dan dicintai para penggemarnya, namun layaknya perusahaan biasa lainnya pastinya selalu saja ada intrik yang terdapat di dalamnya. Wawancara dengan Kihara mungkin hanya bisa mengungkapkan sedikit fakta gelap dibalik Ghibli.

Sumber: Japan Today

Foto: Google

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.