Empat Prefektur yang Pernah Dilanda Gempa Gunakan Pokemon GO Untuk Menarik Wistawan




Gubernur dari empat Prefektur Jepang dalam acara jumpa dengan wartawan terkait kerjasama mereka dengan Pokemon GO

Empat prefektur di Jepang yang pernah dilanda bencana gempa bumi memanfaatkan demam Pokemon GO yang sedang terjadi di dunia untuk menarik para wisatawan berkunjung ke wilayah mereka.

Dalam acara jumpa pers pada hari Rabu (10/8) kemarin, Pejabat pemerintahan dari Prefektur Kumamoto, Iwate, Miyagi, dan Fukushima mengungkapkan akan meluncurkan proyek kerjasama dengan Niantic selaku pengembang dari Pokemon GO.

Proyek kerjasama ini memiliki tiga tujuan. Yang pertama untuk mempromosikan pariwisata, dan pertukaran budaya dengan menambahkan PokéStops dan gyms di tempat wisata. Kemudian untuk menyusun peta rute antara PokéStops dan gyms, serta untuk menyelenggarakan sebuah acara untuk mendekatkan keempat Prefektur. Proyek ini akan dimulai pada musim gugur, namun dengan tanggal yang berbeda disetiap wilayah.

Baca Juga
Pokemon GO Diunduh Oleh 10 Juta Orang Saat Hari Pertama Perilisan di Jepang
Demi Keamanan, Jepang Minta Semua Monster Pokemon Hilang dari Jalan Tol
Sponsori Pokemon GO, Saham McDonald’s Jepang Melonjak
Menurut Menteri Keuangan Jepang, Pokemon GO Berdampak Positif Bagi Hikikomori dan Otaku

“Saya berharap generasi muda akan memiliki kesempatan untuk memahami realita yang dihadapi prefektur yang dilanda bencana,” ujar Gubernur Prefektur Miyagi, Yoshihiro Murai kepada para wartawan.

Sementara Gubernur Prefektur Iwate Takuya Tasso menyatakan harapan bahwa wisatawan domestik dan asing akan mengunjungi daerah-daerah pesisir yang rusak akibat tsunami.

Prefektur Iwate, Miyagi dan Fukushima mengalami kerusakan saat gempa bumi dengan kekuatan 9,0 SR yang mengakibatkan gelombang tsunami setinggi 10 meter menghantam wilayah Tohoku pada 11 Maret 2011. Sementara Prefektrur Kumamoto dihantam  gempa bumi berkekuatan 7.0 SR yang dimulai pada 14 April 2016 kemarin.

Hal ini menjadi angin segar bagi Pokemon GO mengingat banyak pro dan kontra sejak permainan ini dirilis di Jepang. Meski pemerintah Jepang tak mengeluarkan larangan, namun Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Jepang meminta meminta monster-monster Pokemon tak muncul di jalan bebas hambatan. Sebelumnya Pihak Taman Monumen Perdamaian Hiroshima juga sudah meminta penghapusan PokéStops di tempat tersebut.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.