Empat Jenis Ramen Terkenal di Jepang




Jepang merupakan salah satu negara yang terkenal berkat keanekaragaman kuliner khasnya. Di Indonesia sendiri cukup banyak restoran ataupun booth di suatu acara yang menyediakan makanan dari Negeri Sakura tersebut. Sebut saja seperti takoyaki, okonomiyaki, sushi, dan juga ramen.

Untuk nama yang disebutkan terakhir, tentu kalian tahu bahwa ada banyak sekali varian ramen yang dijual, baik di Indonesia maupun di Jepang itu sendiri. Tapi, tahukah kalian kalau ada setidaknya empat varian ramen yang sangat populer di Negeri Matahari Terbit? Topping seperti irisan daging babi, telur rebus, rebung bambu, jagung, rumput laut, dan bawang adalah contoh variasi topping yang biasa dimasukkan ke dalam semangkuk ramen.

Empat jenis ramen terkenal dari Jepang ini pun menggunakan beberapa topping yang sudah disebutkan di atas dalam satu porsinya. Apa sajakah jenis ramen tersebut?

  1. Miso Ramen

Miso merupakan bahan yang terbuat dari kacang kedelai dan garam, yang sering digunakan dalam masakan Jepang seperti sup dan saus. Miso Ramen sendiri memiliki warna kuah yang agak oranye dan memiliki topping berupa sayuran seperti jagung dan wortel. Tetapi terkadang kalian juga bisa menemukan Miso Ramen yang memiliki topping irisan daging dan telur rebus selain sayuran.

  1. Soy Sauce Ramen

Jenis ramen terkenal lainnya di Jepang adalah Soy Sauce Ramen atau yang dalam bahasa Indonesia berarti “Ramen Kecap”. Sesuai dengan namanya, Soy Sauce atau yang terkenal dengan sebutan “Shoyu” di Jepang menjadi bahan utama sehingga membuat kuah berwarna cokelat gelap. Biasanya, ramen ini akan dihiasi oleh potongan daging babi, bawang dan telur rebus di atasnya.

Baca juga:

Tata Cara Menikmati Ramen untuk Turis Saat ke Jepang

Menikmati Ramen Halal dengan Rasa Berbeda di Shinjukugyoen Ramen Ouka

  1. Salt Ramen

Melihat namanya saja, kalian tentu sudah tahu kalau kuah dari ramen ini memang memakai garam yang membuat rasa sedikit asin tapi tetap nikmat. Biasanya ramen ini memiliki irisan daging ayam atau babi di atasnya. Selain itu, Salt Ramen atau dalam bahasa Jepang dikenal dengan sebutan “Shio Ramen” ditaburi banyak rumput laut dan dianggap sebagai jenis ramen yang paling ‘tradisional’ ketimbang jenis lainnya. Namun jika kalian memiliki masalah dengan yodium, lebih baik menghindari memakan ramen jenis ini jika tidak ingin terjadi sesuatu yang tidak diinginkan karena mengandung cukup banyak garam.

  1. Tonkotsu Ramen

Jenis ramen terakhir yang ada di dalam daftar ini adalah Tonkotsu Ramen, merupakan jenis yang sangat populer dengan ciri khas kuah kaldu yang terbuat dari rebusan tulang babi. Tonkotsu Ramen biasanya disajikan dengan irisan daging babi tipis, telur rebus dan rebung bambu. Ramen yang satu ini berasal dari Fukuoka, akan tetapi saat ini sudah bisa ditemui di seluruh penjuru Jepang.

Sumber: jpninfo.com

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



Faiz Fachnaz Saputra 57 Articles

Gamer | IGN: Riyuunyan | Japanese Football Enthusiast | Pokemon Master | Freelance Writer | SAISAI Family x AID x i’s