Dua Komikus Indonesia Raih Penghargaan Manga Internasional di Jepang




Komik Woelan karya Dimaz Sadewa

Kementerian Luar Negeri Jepang mengeluarkan daftar pemenang Japan International Choice Manga ke-10. Sebuah ajang yang dibuat untuk memberikan apreasi dan penghargaan kepada para mangaka atau komikus dari luar Jepang.

Joël Parnotte dan Xavier Dorison asal Prancis berhasil mendapatkan penghargaan emas atas karya mereka yang berjudul “The Master of Arms”.

Untuk pemenang perak diterima oleh Han Zuzheng dari Tiongkok dengan komik “Scavengers”, Laura Iorio, Roberto Ricci, and Marco Cosimo D’amico asal Italia dengan karya “The Heart of Darkness”, serta Can Tieu Hy dari Vietnam “Gateway to Underworld”.

Sementara dari 10 pemenang perunggu, terdapat nama dua komikus asal Indonesia. Dimaz Sadewa yang berasal dari Sleman dengan komik ‘Woelan’. Ini adalah seri lanjutan dari komik Kroewel yang bercerita tentang lakon seorang Woelan, teman dari Kroewel. Ia mendapatkan mandat ke Semarang untuk berjumpa dengan sahabatnya tersebut. Namun, ia mengalami menemui banyak rintangan karena ketidaktahuannya tentang teknologi, adat kebaratan, dan cara hidup modern.

Satu komikus lain dari Tanah Air yang mendapatkan penghargaan perak adalah Ann Maulina dengan ‘Raruurien’. Karya komikus asal Bandung itu terdiri dari beberapa cerita pendek berdasarkan kisah nyata.

Selain dua komikus asal Indonesia, pemenang perak lainnya adalah Mangkorn Soraphon dan Wipaporn “Usagi” Rutchote (Thailand) “King of Vampires”, Wiroj “Beast” Ruengsiri (Thailand) “Evil Discus”, Akiko Shimojima (Jepang) dan Seàn Michael Wilson (Inggris) “Secrets of the Ninja”, Zhao Ze and Guo Qiang (Tiongkok) “TsangyangGyatso”. Kemudian, masih ada Toledando dan Robledo (Spanyol) “Tebori”, Zuo Hsuan (Taiwan) “Summer Temple Festival I”, Young-Oh Kim (Korea) “Tussles Against Spectres”, dan Patrycja Kicyla (Polandia) “Dream About Japan”.

International Manga Awards sudah diadakan sejak tahun 2007 silam dengan menghadirkan juri-juri seperti Satonaka, Yoshimi Kurata, Kimie Shiga.

Setiap tahunnya, penerbit Tsutomu Fujita dan Kouichi Yuri menerima 296 komik dari 55 negara. Mayoritas berasal dari Taiwan sebanyak 41 komik, Thailand dengan 33 komik, dan Tiongkok 27 komik.

Sumber: detik.com

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2216 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.