Dramatis, Jepang Rebut Gelar Juara Piala Asia U23




Kapten timnas Jepang U23 Wataru Endo mengangkat piala usai mengalahkan Korea Selatan

Semangat pantang menyerah ditunjukan para Samurai muda dalam pertandingan final Piala Asia U23 melawan Korea Selatan yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar hari Sabtu (30/1/2016).

Kedua tim ‘dirugikan’ karena pemain andalan mereka yakni Takumi Minamino dan Hwang Hee-chan dipanggil pulang oleh FC Red Bull Salzburg. Klub Austria tersebut menilai tugas mereka telah usai karena telah mengantar negara masing-masing lolos ke Olimpiade 2016.

Sejak peluit babak pertama dibunyikan, Korea Selatan langsung mengambil inisiatif penyerangan dengan mengurung pertahanan Jepang. Dua gol berhasil mereka lesakan, beruntung bagi Jepang karena keduanya dianulir karena offside.

Gol untuk Korea Selatan memang tinggal menunggu waktu, akhirnya di menit ke-20 Chang-Hoon Kwon sukses merobek jala gawang Jepang yang dikawal oleh Masatoshi Kushibiki.

Unggul satu gol, Korea Selatan tidak mengendurkan serangan. Mereka tetap menguasai jalannya pertandingan, sedangkan Jepang seperti kebingungan dan tidak dapat lepas dari kurungan lawan. Skor 1-0 menutup 45 menit babak pertama.

Saat pertandingan babak kedua baru berjalan dua menit, Korea Selatan kembali mengejutkan pertahanan Jepang. Kali ini giliran Sung-Wook Jin yang menaklukan Kushibiki.

Dengan unggul 2-0 dan menguasai pertandingan, Korea Selatan berada diatas angin dan seperti sudah langkah di depan untuk meraih gelar.

Situasi pertandingan berubah saat Takuma Asano mencetak gol di menit ke-67 untuk memperkecil ketertinggalan. Pemain asal Sanfrecce Hiroshima ini sukses menceploskan si kulit bundar hanya tujuh menit setelah ia masuk ke lapangan untuk menggantikan Ryota Oshima.

Gol Asano membangkitkan kembali kepercayaan Jepang, dan semenit berselang mereka sukses menyamakan kedudukan melalui sundulan Shinya Yajima usai memanfaatkan umpan Asano.

Setelah skor 2-2, tekanan justru dialami oleh Korea Selatan, sedangkan Jepang mendapatkan momentum mereka dan perlahan menguasai pertandingan.

Asano akhirnya benar-benar menjadi pahlawan untuk Jepang. Penyerang yang dianugerahi pemain muda terbaik J.League 2015 ini mencetak gol keduanya di menit ke-81 sekaligus memastikan kemenangan Samurai Biru untuk meraih gelar juara Piala Asia U23.

Jepang, Korea Selatan dan Irak yang berhasil menjadi juara ketiga akan mewakili Asia diajang sepakbola Olimpiade 2016 yang akan diselenggarakan di Rio de Janeiro.

Omedetou Samurai muda!

Highlight Jepang 3 vs Korea Selatan 2

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1806 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.