Diproduksinya Boneka Trump untuk Hinamatsuri Menuai Kontroversi




Keputusan pembuatan boneka tradisional Jepang dengan menampilkan Trump sebagai model edisi “Girls Day” cukup membuat kontroversi.

Dilansir laman Reuters, boneka Trump diresmikan Kamis, 27 Januari 2017 oleh Kyugetsu Co Ltd, pembuat “hina”–boneka tradisional untuk liburan hinamatsuri 3 Maret tahun ini. Hina Trump dirilis mengenakan kimono hitam dengan kepala berambut emas.

Seperti diketahui, hinamatsuti merupakan hari yang diperingati orang Jepang Hari dengan harapan putri mereka diberikan kesehatan dan kebahagiaan. Orang Jepang akan menghiasi rumah mereka dengan boneka setinggi 60 centimeter atau hina.

Beberapa pelanggan menyatakan terkejut pada keputusan perusahaan untuk menyertakan boneka Trump di antara empat model lainnya saat “Girl’s Day”.

Debbie Walker, seorang turis dari Ohio yang membeli satu set boneka untuk cucunya yang baru lahir, mengatakan bahwa boneka Trump tidak tepat dirilis. Mengingat komentarnya banyak merendahkan perempuan selama pemilu AS tahun lalu. “Ya, dia bukan untuk wanita atau gadis kecil, jadi saya tidak mendukungnya,” kata Walker .

Saori Baba, seorang ibu 38 tahun dari anak perempuan mengatakan bahwa dia melihat tayangan saat Trump berkomentar vulgar dan itu membuatnya tidak nyaman. “Saya pikir pernyataan seksis di depan umum memberikan kesan bahwa kita perempuan dipandang rendah. Saya berharap dia tidak akan membuat komentar seperti lagi di depan umum,” kata Baba.

Beberapa tahun terakhir, Kyugetsu menciptakan boneka “hina” dengan empat orang model yang berpengaruh. Misalnya dua atlet dan dua politisi. Tahun 2017 ini termasuk di antaranya Yuriko Koike, gubernur perempuan pertama di Tokyo.

Lain halnya dengan komentar para pembeli, Hisatoshi Yokoyama, wakil presiden senior Kyugetsu, membela keputusan untuk menambah Trump untuk koleksi tahun ini.

“Ada pembicaraannya tentang komentar menghina wanita, tapi kami membuat ini dengan harapan bahwa ia akan membuat dunia yang lebih baik,” katanya kepada Reuters Television.

Tahun lalu, perusahaan ini menampilkan boneka dari Hillary Clinton sebagai salah satu “pemimpin baru” yang diharapkan. Namun Clinton kalah dari Trump dalam pemilihan presiden AS.

Sumber: pikiran rakyat

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2217 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.