Diberlakukannya Bebas Visa ke Jepang Membuat Pembuatan E-Paspor Melonjak




Pemegang e-paspor bisa mendapatkan bebas visa ke Jepang dengan waiver

Sejak dua tahun silam, Jepang memberlakukan bebas visa kepada pemegang e-paspor di Indonesia. Kebijakan ini berimbas dengan semakin meningkatnya kunjugan turis Indonesia ke Negeri Sakura dan melonjaknya pembuatan e-paspor di Tanah Air.

“Penggantian ke e-paspor banyak pemohon yang paspornya masih berlaku sampai 2020 misalnya, tapi karena pengin ke Jepang sudah free visa, itu dia langsung minta ganti,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas dan Status Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Jakarta Selatan Marina M Harahap seperti yang kami kutip dari kompas.com.

Di tahun 2017, Kanim Jakarta Selatan menerbitkan 36.580 e-paspor. Jumlah ini melonjak signifikan dari tahun sebelumnya dengan jumlah penerbitan 25.827 e-paspor.

Selain dorongan dari turis ke Jepang, banyak jemaah umrah yang kini memilih berpaspor elektronik. Meski terjadi lonjakan permohonan e-paspor, Marina mengatakan bahwa pihaknya tidak membatasi dan tetap menerima permohonan perubahan.

Bagi pemegang e-paspor, tidak perlu lagi mengurus visa ke Jepang, hanya cukup mendaftar di kedutaan Jepang untuk mendapatkan sebuah stiker atau waiver yang ditempelkan ke paspor. Mereka yang memiliki e-paspor bisa mengunjungi Jepang dalam durasi waktu selama 15 hari.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1808 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.