Di Jepang, Karyawan yang Tidak Merokok Akan Mendapat Cuti Tambahan




Dengan berbagai macam peraturan yang diterapkan, Jepang berhasil menekan angka perokok di negara mereka

Pemerintah Jepang saat ini sedang mengupayakan untuk menekan angka konsumsi tembakau di negaranya. Hal ini mendapatkan dukungan dari masyarakat maupun kalangan bisnis. Ada banyak perusahaan swasta di Negeri Sakura yang memberikan ‘bonus’ kepada para karyawannya yang tidak merokok.

Salah satu perusahaan tersebut ialah Piala Inc. yang bergerak di bidang pemasaran online dan sedang menjadi bahan perbincangan semenjak bulan September lalu. Bagaimana tidak? Perusahaan yang berbasis di ibukota Tokyo ini memberikan bonus berupa cuti tambahan selama enam hari kepada karyawannya yang tidak merokok.

“Salah seorang karyawan kami pada awal tahun kemarin menuliskan saran kepada perusahaan bahwa asap rokok telah menyebabkan masalah” ujar juru bicara perusahaan tersebut seperti yang dilansir dari Asian Correspondent.

Tidak hanya itu, perusahaan asuransi jiwa bernama Sompo Japan Nippon Kowa Himawari pun gencar mempromosikan larangan merokok sepanjang hari di seluruh gerai bisnisnya yang berada di semua penjuru Jepang. Selain itu, mereka pun menyubsidi program pemberhentian merokok.

“Gerakan untuk berhenti merokok telah menyebar di antara para karyawan yang bekerja di bawah pengawasan saya” kata Masayuki Seto selaku kepala eksekutif.

Menjelang Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang sedang berusaha memperbaiki citra mereka yang dikenal sebagai surganya perokok. Hingga saat ini, peraturan merokok di Jepang masih lebih longgar ketimbang negara lainnya. Bahkan negara tetangga mereka, Tiongkok dan Korea Selatan masih lebih ketat mengenai peraturan merokok ini.

Harga satu bungkus rokok di Jepang pun masih terbilang murah, yakni 430 yen atau sekitar 50 ribu rupiah. Angka tersebut masih lebih kecil ketimbang Perancis yang menjual dengan harga 100 ribu rupiah dan Australia yang menjual seharga 200 ribu rupiah per bungkusnya.

Sumber: Viva

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.