Creators Super Fest 2017 Terbukti Jadi Surganya Doujinshi




Pada Sabtu dan Minggu tanggal 29-30 April kemarin, The Daily Japan berkesempatan menghadiri Creators Super Fest 2017 yang diselenggarakan oleh SOZO, yang sudah tidak asing lagi sebagai Event Organizer dari Anime Festival Asia.

Digelar di Grand Ballroom Hotel Pullman Central Park, Creators Super Fest sendiri sesuai namanya merupakan wadah bagi para kreator lokal maupun internasional untuk mempublikasikan karyanya. Tak lupa para bintang tamu baik lokal maupun internasional juga turut diundang untuk memeriahkan acara ini.

Pameran yang diikuti oleh 150 kreator baik reguler maupun premium ini menjual berbagai macam pernak-pernik baik gantungan kunci, kartu pos, poster, tote bag, dan lain-lain yang tidak melulu bertemakan anime atau manga, tetapi ada pula fanart dari Harry Potter, Game of Thrones, atau girlband-boyband Korea seperti Twice dan BTS.

Meskipun memang kebanyakan dari item yang dijual mengambil tema social network game yang sedang populer di Jepang seperti Granblue Fantasy, Fate/Grand Order, ataupun Love Live, maupun anime yang baru-baru ini terkenal seperti Yuri on Ice. Selain itu, banyak kreator yang menawarkan commission on the spot sesuai dengan permintaan pelanggannya.

Selain pameran, Creators Super Fest juga telah menyiapkan panggung yang akan diisi oleh penampilan dari para guest artist, guest DJ, serta guest cosplayers baik lokal maupun internasional. Panggung hari pertama Creators Super Fest yakni Sabtu (29/4) dibuka dengan cosplay workshop yang diisi oleh tim re:ON: Edelyn, Jeanice Ang, Punipun & Matcha Mei.

Workshop ini sendiri membahas mengenai properti yang digunakan dalam cosplay. Acara kemudian dilanjutkan dengan talkshow yang mengundang C Suryo Laksono (komikus serial ‘Tawur’) dan Dini Marlina (komikus ‘Math’) yang diakhiri dengan sesi live traditional drawing oleh keduanya. Panggung Creators Super Fest kemudian digunakan untuk sesi meet and greet cosplayer berturut-turut oleh M.G. dan Baozi & Hana dan diakhiri dengan sesi makeup workshop oleh YingTze.

Nampaknya panggung Creators Super Fest memang ditujukan bagi para kreator karena hampir seluruh kegiatan di atas panggung merupakan workshop baik untuk cosplay maupun untuk ilustrasi dan komik. Tidak perlu menunggu berlama-lama setelah Ying Tze turun dari panggung untuk kemudian diisi dengan talkshow artfluencer yang kali ini dihadiri oleh Okita Kung, artis asal Thailand yang terkenal dengan fanart dari social mobile game Fate/Grand Order.

Di akhir sesi ini Okita Kung melakukan live drawing dengan menggambar Seika-chan yang merupakan maskot dari Anime Festival Asia. Selan Okita Kung, John Hathaway yang merupakan ilustrator asal Jepang juga turut mengisi talkshow dalam sesi yang terpisah pada hari pertama ini. Uniknya, pada saat live drawing John Hathaway menunjukkan kemampuannya membuat satu gambar baru dengan menggabungkan beberapa karyanya yang terdahulu.

Selain bersifat edukatif panggung Creators Super Fest juga digunakan untuk Art Duel yang berlangsung selama 2 hari. Menjadi juri dalam fase penyisihan Art Duel hari ini adalah C Suryo Laksono, Afif Numbo, dan Chris Lie dari Caravan Studio.

Panggung hari pertama kemudian ditutup dengan penampilan dari Shojo Complex; idol group yang berkesempatan mengisi soundtrack dari film Satria Heroes Bima X: Revenge of Darkness yang akan tayang di bioskop-bioskop di seluruh Indonesia dalam waktu dekat, REDSHiFT, serta DJ Kazu yang didatangkan langsung dari Jepang untuk membawakan lagu-lagu soundtrack anime yang sudah di remix.

Hari kedua Creators Super Fest menjadi kesempatan bagi Rahmat M Handoko dan Afif Numbo, artis asal Indonesia yang kerap bekerja dengan Marvel dan DC Comics untuk mengisi sesi talkshow artfluencer yang kembali diakhiri dengan sesi live drawing oleh keduanya.

Pada hari itu juga semi final, perebutan tempat ketiga, serta final Art Duel dilaksanakan. Art Duel akhirnya menghasilkan Exilia sebagai juara setelah mengalahkan Yamyouw di final sekaligus menempati peringkat kedua, serta Soyatu sebagai peringkat ketiga.

Khusus pada hari Minggu juga diadakan kompetisi cosplay di mana sekitar 40 peserta ikut berpartisipasi. DJ Kazu yang mengiringi dengan musik serta para cosplayer yakni Baozi & Hana, M.G., Ying Tze, Punipun & Matcha Mei menjadi juri pada kompetisi ini.

Selain kompetisi Art Duel dan cosplay panggung hari ini juga diisi dengan workshop make-up cosplay oleh Baozi & Hana yang langsung dilanjutkan dengan penampilan dari Shojo Complex sebagai pembuka bagi Grand Final Art Duel.

DJ Lazurite dan DJ Kazu kemudian menutup perhelatan ini dengan lagu-lagu pilihan yang terbukti meriuhkan suasana Grand Ballroom Pullman Hotel dan membuat semua pengunjung Creator Super Fest malam itu pulang dengan senyum lebar penuh kebahagiaan. Mari berharap akan lebih banyak kebahagiaan datang di Creator Super Fest tahun depan!

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2225 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.