Cerezo Osaka Membuka Musim 2018 dengan Gelar Super Cup




Cerezo Osaka berhasil keluar sebagai juara Fuji Xerox Super Cup 2018 | PHOTO: J.League official

Gelaran Fuji Xerox Super Cup yang menandakan dimulainya musim 2018 di Jepang telah resmi bergulir pada tanggal 10 Februari 2018. Laga ini mempertemukan jawara J.League divisi satu musim lalu, Kawasaki Frontale dengan juara dari Piala Kaisar musim 2017, Cerezo Osaka.

Kedua tim yang sama-sama baru pertama kali bertanding di Super Cup ini bermain cukup hati-hati di awal babak pertama. Belum ada serangan yang membahayakan kedua kubu sampai akhirnya tim asal Osaka membuka keunggulan di menit ke-26. Berawal dari serangan balik di sisi kanan, Hotaru Yamaguchi yang berdiri cukup bebas menerima operan matang dari Kenyu Sugimoto. Tendangan kaki kanannya gagal dibendung oleh Jung Sung Ryong, 0-1 Cerezo memimpin.

Tertinggal satu gol membuat tim asuhan Toru Oniki ini melancarkan serangan demi serangan. Sayangnya, Kim Jinhyeon cukup cekatan menjaga gawang Cerezo Osaka sehingga tidak ada gol tambahan yang tercipta sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, Hiroshi Kiyotake berhasil menambah keunggulan Cerezo Osaka. Kenyu Sugimoto kembali memberikan assist, Kiyotake yang menerima operan dari Kenyu sukses mengecoh satu pemain bertahan Frontale dan sepakan kaki kanannya mampu menghujam gawang Frontale.

Hanya berselang tiga menit, Frontale mampu mengejar ketertinggalan. Yang Dong Hyun yang baru masuk di babak kedua melakukan pelanggaran kepada Shintaro Kurumaya di kotak terlarang. Kapten Kawasaki Frontale, Yu Kobayashi yang menjadi eksekutor tendangan pinalti sukses menjalankan tugasnya dengan baik sehingga skor menipis menjadi 1-2.

Pendukung Cerezo Osaka merayakan kemenangan tim kesayangannya | PHOTO: J’s Goal

Cerezo Osaka hamper menambah keunggulan menjadi 1-3, sundulan keras dari Matej Jonjic mampu menghujam gawang Kawasaki Frontale. Sayangnya ia sudah berada di posisi offside sehingga wasit tidak mengesahkan gol ketiga tim asal Osaka tersebut.

Meski sedang memimpin, tetapi tim besutan Yoon Jonghwan justru giat melancarkan serangan. Sampai-sampai terjadi kesalahan komunikasi yang mengakibatkan Kenyu Sugimoto menabrak rekan setimnya, Hiroshi Kiyotake. Setelah insiden tabrakan tersebut, Kiyotake ditarik keluar karena sedikit mengalami cedera di bagian leher.

Cerezo Osaka pun kembali melakukan beberapa serangan berbahaya, sayangnya Yang Dong Hyun dan Kenyu Sugimoto masih gagal menambah keunggulan. Kawasaki Frontale tidak tinggal diam, beberapa kali serangan mereka lancarkan yang sayangnya belum mampu menembus barisan pertahanan Cerezo.

Tim asal Osaka kembali menjauh usai sepakan Toshiyuki Takagi yang menerima operan matang dari Yang Dong Hyun gagal dibendung oleh Jung Sung Ryong. Kedua tim semakin gencar melakukan serangan sampai akhirnya di injury time babak kedua, Yoshito Okubo berhasil memperkecil jarak menjadi 2-3.

Kedudukan 2-3 pun bertahan sampai peluit panjang dibunyikan. Untuk pertama kalinya, Cerezo Osaka berhasil menjadi juara dari Fuji Xerox Super Cup dan membuka musim 2018 dengan sebuah gelar. Akankah mereka menjadi penantang serius gelar juara J1 musim ini? Kita tunggu saja dan selamat untuk para fans Cerezo Osaka!

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2132 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.