Cerezo Osaka dan Buah Penantian Selama 22 Tahun




Penantian selama 22 tahun dari Cerezo Osaka yang membuahkan hasil | PHOTO: Kaoru Watanabe

Hari Sabtu tanggal 3 Nopember 2017 merupakan hari di mana pertandingan final J-League Cup, atau dikenal dengan sebutan YBC Levain Cup musim ini diselenggarakan. Laga yang digelar di Saitama Stadium 2002 tersebut mempertemukan dua saingan papan atas J-League divisi satu musim ini, yaitu Cerezo Osaka dengan Kawasaki Frontale.

Sama-sama belum pernah meraih gelar juara selama berkompetisi di kasta tertinggi liga sepak bola Jepang membuat kedua tim sangat berambisi untuk meraih gelar pertama mereka. Tetapi, pertandingan baru berjalan satu menit, tim asal Osaka sudah berhasil unggul terlebih dahulu lewat gol yang dicetak oleh Kenyu Sugimoto.

Keunggulan 1-0 milik Cerezo pun bertahan hingga turun minum. Tidak banyak perubahan di paruh kedua hingga akhirnya gelandang asal Brasil milik Cerezo Osaka, Souza menggandakan keunggulan di injury time babak kedua. Kedudukan 2-0 pun bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Koreografi berbentuk piala dari YBC Levain Cup dari pendukung Cerezo Osaka | PHOTO: @special_jleague

Kemenangan ini membuat Cerezo Osaka berhasil meraih gelar juara pertama mereka sepanjang sejarah klub di era profesional. Pada tahun 1995, ‘Bunga Sakura’ dari Osaka ini untuk pertama kalinya menjadi tim profesional setelah mereka berhasil menjuarai Japan Football League di musim sebelumnya dan berlaga di J-League divisi satu.

Akan tetapi semenjak menjadi klub profesional, Cerezo belum pernah merasakan gelar juara sama sekali, justru lebih sering terdegradasi ke divisi kedua. Namun, penantian selama 22 tahun itupun membuahkan hasil berkat kerja keras tim yang saat ini diasuh oleh Yoon Jong-hwan dengan keluar sebagai jawara J-League Cup 2017.

Karena berhasil menjuarai YBC Levain Cup, Cerezo Osaka akan menjadi tuan rumah laga Suruga Bank Championship yang akan diselenggarakan musim panas tahun depan. Lawan yang akan dihadapi oleh Kenyu Sugimoto dan kolega adalah jawara Copa Sudamericana yang menjadi wakil dari CONMEBOL.

HIGHLIGHTS: Cerezo Osaka 2-0 Kawasaki Frontale

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



Faiz Fachnaz Saputra 52 Articles
Gamer | IGN: Riyuunyan | Japanese Football Enthusiast | Pokemon Master | Freelance Writer | SAISAI Family x AID x i's