Bertemu Dewa Cinta di Izumo Taisha, Kuil Shinto Terbesar dan Tertua di Jepang




Prefektur Shimane, kami tahu kalian tidak mengetahui daerah pedesaan Jepang ini. Bahkan sekalipun orang Jepang, banyak yang hanya pernah mendengar namanya saja atau bahkan tidak tahu sama sekali tentang wilayah ini.

Memang benar Shimane adalah salah satu Prefektur yang paling tradisional di Jepang, namun disini kita dapat merasakan suasana yang sangat damai dan juga tenang. Jika Anda bosan dan lelah dengan hiruk pikuk suasana kota, maka Shimane menjadi pilihan yang tepat untuk mengistirahatkan sejenak tubuh dan pikiran Anda.

Baca Juga
Menguak Legenda Fushimi Inari Taisha, Kuil 1000 Gerbang
Mengenali Perbedaan Antara Kuil Shinto dan Kuil Buddha
Menyusuri Sensō-ji, Kuil Tertua di Tokyo
Kiyomizu-dera, Kuil Air Suci yang Dipercaya Bisa Mendatangkan Jodoh!

Shimane terdiri dari beberapa kota, salah satunya adalah Izumo yang merupakan kota kedua terbesar di Prefektur ini. Banyak mitos yang berkembang di kota ini, sehingga sering dijuluki sebagai “City of Myth” atau Kota Mitos.

Kompleks Kuil Izumo Taisha

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai kuil yang paling terkenal di Shimane dan Izumo, yaitu Izumo Taisha (出雲大社). Izumo Taisha adalah kompleks kuil Shinto yang terbesar sekaligus tertua di Jepang. Kuil ini juga dipercaya sebagai tempat ‘berkumpulnya’ dewa dengan manusia.

Struktur bangunan Izumo Taisha sebagian besar terbuat dari kayu. Di kompleks kuil ini tidak hanya terdapat bangunan-bangunan suci, banyaknya pepohonan di sekitar kuil membuat pengunjung merasa nyaman dan sejuk.

Saat ini tinggi kuil Izumo Taisha adalah 24 meter, namun pada zaman dahulu tinggi kuil ini sempat mencapai 100 meter. Mengapa orang-orang pada zaman dahulu membuatnya begitu tinggi? Mungkinkah agar untuk mencapai surga?

izumo-torii

Bagaimana mereka bisa membuat bangunan setinggi itu pada zaman dahulu? Sampai saat ini hal tersebut masih menjadi misteri dan masih terus dipelajari oleh sejarawan Jepang.

Kuil ini dibuat untuk mengagungkan Dewa “Ookuninushi no oomikami”. Dewa ini disebut sebagai Dewa Pendirian. Pada zaman dahulu kala, Ookuninushi no oomikami dipercaya sebagai penemu Jepang beserta para leluhur.

Dewa ini juga mengajarkan cara bertanam dan juga memancing kepada para leluhur. Lebih dari itu, ia juga diyakini merupakan dokter pertama di Jepang. Masih banyak mitos lain yang berkembang mengenai Dewa Ookuninushi no oomikami.

Pelataran Kuil Izumo Taisha
Pelataran Kuil Izumo Taisha

Izumo Taisha semakin terkenal dalam beberapa waktu belakangan, terutama di kalangan para wanita lajang. Hal ini disebabkan karena Ookuninushi no oomikami juga merupakan Dewa Cinta.

Legenda mengatakan bahwa seluruh Dewa di Jepang akan berkumpul disini setiap bulan Oktober, Dewa-dewa ini kemudian akan bertemu dan memutuskan siapa saja manusia yang akan jatuh cinta.

Namun anda harus berhati-hati, apabila anda telah memiliki pasangan, bisa jadi anda justru akan kehilangan pasangan anda karena sang Dewa akan mempertemukan anda dengan orang lain.

Tulisan Kiriman dari: Taichi Murai

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 1802 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.