Berpetualang di AFAID16, Surganya Pop Culture Jepang!




Pada tanggal 16 hingga 18 September 2016 lalu, untuk kelima kalinya AFA atau Anime Festival Asia hadir kembali di Indonesia. Sebagai acara bertema anime terbesar di tanah air event ini tentu saja menghadirkan banyak sekali keceriaan. Penasaran seperti apa meriahnya acara ini? Kami dari The Daily Japan sudah merangkumnya untuk Anda!

Tidak berbeda jauh dengan tahun sebelumnya, AFAID 2016 menampilkan berbagai booth menarik serta beberapa penampilan dari cosplayer ternama di area exhibition, penayangan anime dan talkshow ekslusif dari beberapa artis di area stage serta penampilan konser dari para musisi ternama lewat konser I love Anisong.

Petualangan kami di AFAID dibuka sejak hari Jumat dengan mengitari area exhibition. Meski baru hari pertama, pengunjung sudah cukup ramai. Pengunjung yang datang pun berasal dari rentang usia yang berbeda, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Di area ini terdapat banyak booth menarik yang tidak pernah sepi, mulai dari berbagai macam pajangan action figure, penjualan official merchandise hingga berbagai macam promosi dan games dari para sponsor. Selain itu ada juga beberapa booth penjual makanan yang dijadikan tempat beristirahat oleh pengunjung.

Tepat di area tengah exhibition ada Akiba Stage yang menampilkan perform dari para guest star dan meet and greet bersama para international cosplayer seperti YingTze, Kaname dan Baozi & Hana. Selain itu ada juga performance dari Shoujo Complex, idol group dari tanah air yang selalu sukses menarik perhatian dan tepuk tangan pengunjung. Hal yang paling mencuri perhatian sepanjang penampilan mereka mungkin adalah lagu Goyang Dumang milik Cita Citata yang diaransemen dan dibawakan dengan gaya khas idol.

Bila berbicara area exhibition maka kita tidak boleh melupakan Creators Hub, yaitu area dimana kita bisa membeli berbagai macam fanart dan merchandise dari berbagai macam circle. Area ini selalu menjadi area yang paling ramai bahkan sejak kemunculan AFAID yang pertama. Berjalan-jalan ke area stage, kami sempat menyaksikan special talkshow dari Itano Tomomi, seorang lulusan AKB48 yang menceritakan pengalaman pertamanya bermain-main ke Indonesia dan rencana karirnya di masa depan. Di Akhir acara, Ia berjanji bahwa suatu saat akan melangsungkan sebuah konser di Indonesia.

Konser I Love Anisong pada hari Jumat diawali oleh penampilan kz dari livetune, yang membawakan lagu-lagu Hatsune Miku. Tak lupa pula Click dari ClariS serta SEVENTH HAVEN yang merupakan lagu dari game mobile Tokyo 7th Sisters turut dibawakan oleh komposer yang sudah membuatkan lagu bagi penyanyi seperti Kotoko dan Kurosaki Maon ini.

Beberapa saat kemudian, Yano Anna yang merupakan penyanyi bagi unit livetune+ naik ke panggung dan menemani kz untuk membawakan beberapa lagu dalam EP Sweet Clapper yang baru rilis beberapa bulan yang lalu. Selain itu konser ini juga dimanfaatkan oleh livetune+ untuk mempromosikan fanpage mereka di Facebook.

Beberapa saat setelah livetune+ mengakhiri penampilannya, Alisa Takigawa sebagai artis kedua pada konser Jumat malam masuk dan membawakan lagu tema serial Owarimonogatari, Sayonara no Yukue. Alisa Takigawa yang tampak sangat senang melihat penggemarnya di Indonesia juga turut meramaikan aksinya dengan mengajak penonton untuk bersama-sama menyanyikan Kokoro no Tomo. Penampilan Alisa Takigawa diakhiri dengan lagu Season, yang menjadi lagu penutup kedua dalam anime adaptasi Nanatsu no Taizai.

Penampil ketiga dalam konser pertama dalam rangkaian acara AFAID 2016 ini adalah ELISA, yang pertama kalinya mengadakan konser di Indonesia. ELISA membawakan lagu-lagu dari anime Valvrave the Liberator, To Aru Kagaku no Railgun, Mahouka Koukou no Rettousei dan 91 Days. Selain itu, ELISA juga membawakan lagu tema dari film Princess Mononoke tanpa diiringi musik sebagai bonus pada malam itu. Tak lupa Euphoric Field yang merupakan single pertamanya ketika menjalani debut sebagai penyanyi turut dibawakan sebagai lagu terakhirnya pada malam tersebut.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 1802 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.