Bernostalgia Dengan Masa Kecil di Museum Fujiko F. Fujio




Terdapat banyak kenangan masa kecil yang indah di Museum Fujiko F. Fujio

“Aku ingin begini, aku ingin begitu. Ingin ini, ingin itu, banyak sekali…”

Siapa yang tidak kenal Doraemon? Rasa-rasanya untuk orang Indonesia yang terlahir pada dasawarsa 1980-an atau termasuk generasi ’90an, tokoh inilah yang mengisi masa kecil mereka. Pintu Ajaib dan berbagai peralatan lain menjadi impian kita ketika hidup di dunia nyata terasa susah betul dan tidak praktis.

Baca Juga
Pop Culture: Revitalisasi Pengaruh Internasional Jepang
Sejarah Kue Favorit Doraemon, Dorayaki!
Kosakata yang Harus Diketahui Saat Pertama Kali Ke Jepang
Museum Ghibli, Tempat Yang Membangkitkan Imajinasi

Tidak heran, kalau banyak yang ingin mengunjungi “Museum Doraemon” bila bertandang ke Jepang. Nama resmi museum ini sebenarnya adalah Fujiko F. Fujio Museum yang diambil dari nama seorang mangaka legendaris dari Jepang yang menciptakan karakter Doraemon. Museum ini terletak di Kawasaki yang terletak tidak jauh dari Tokyo.

Tiket Museum Fujiko F. Fujio yang bisa dibeli di Lawson
Tiket Museum Fujiko F. Fujio yang bisa dibeli di Lawson

Membeli tiket di mesin yang ada di Lawson memang sedikit rumit karena panduannnya memakai bahasa Jepang. Anda bisa melihat panduannya di sini atau cara terakhir adalah meminta bantuan petugas dari Lawson.

Untuk jadwal masuk museum ini dibagi menjadi empat shift dalam satu hari yaitu pukul 10:00, 12:00, 14:00, dan 16:00 waktu Jepang. Dibuka setiap hari, kecuali hari Selasa. Namun, saat Golden Week dan libur musim panas, biarpun Selasa, museum ini tetap buka.  Oya, museum ini juga tidak buka saat liburan akhir tahun, jadi kalau berniat ke sini, hindari hari Selasa dan liburan akhir tahun.

Bis yang akan mengantar para pengunjung dari stasiun menuju museum

Untuk menjangkau museum, bisa naik kereta dan ada beberapa stasiun yang dekat dengan tempat ini seperti Noborito yang merupakan perpotongan JR Nanbu Line dan Odakyu Line; Shuku-gawara yang merupakan bagian dari JR Nanbu Line. Sedangkan Mukaogaoka-Yuen adalah bagian dari Odakyu Line.

Jika anda behenti di stasiun Noborito, tersedia bis yang langsung menuju museum dengan biaya 200 yen. Sedangkan dari kedua stasiun lainnya, anda harus berjalan kaki. Bis ke museum ini mudah dikenali karena berhiaskan karakter-karakter Doramon dan teman-temannya.

Patung Doraemon sedang membaca yang ada di museum

Sesampainya di museum, anda akan diberikan monitor panduan berbahasa Inggris dan setelah masuk ke dalam dan jika anda memang pecinta Doraemon, dapat dipastikan anda akan segera bernostalgia dengan keadaan yang ada di dalam museum.

Di museum ini ada ruang pameran yang memperkenalkan pembaca kepada Fujiko F. Fujio dan karya-karyanya. Banyak pula kegiatan yang memperkenalkan pengunjung kepada pembuatan animasi, juga pemutaran film animasi khusus yang hanya bisa dinikmati di museum ini.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.