Berkeliling Murah-meriah di Jepang dengan Seishun 18




Dengan Seishun 18, kita bisa naik kereta lokal dan Rapid JR dengan bebas selama 5 hari

Biasanya, bila kita hendak traveling di Jepang, kita akan disarankan untuk mencoba Shinkansen agar bisa mengunjungi lebih dari satu kota sekaligus. Berhubung Shinkansen mahal (meski cepat sekali), saran berikutnya adalah menggunakan JR Pass yang memungkinkan kita bebas naik-turun Shinkansen dan berbagai kereta JR lainnya.

Sebenarnya tidak hanya JR Pass, sejumlah daerah di Jepang juga menyediakan berbagai pass yang cukup murah-meriah. Misalnya saja Kanto Area Pass, yang memungkinkan kita bebas menaiki kereta lokal, rapid, express, limited express, maupun Shinkansen selama tiga hari di Tokyo dan daerah Kanto di sekitarnya.

Kali ini, The Daily Japan akan memperkenalkan apa yang disebut ‘Seishun 18 Kippu’.

Tiket ini bisa jadi andalanmu kalau kamu senang naik kereta, dan tidak berkeberatan menempuh perjalanan yang lebih lama namun bebas naik-turun di stasiun (JR) mana pun. Awalnya, Seishun 18 diperuntukkan untuk anak sekolah yang hendak jalan-jalan di masa liburan. Oleh karena itulah Seishun 18 hanya dikeluarkan tiga kali dalam setahun, yaitu pada liburan sekolah (musim semi, musim panas, dan liburan tahun baru).

Baca Juga
Tokyo Subway Pass: Alternatif Berkeliling Tokyo Dengan Harga Terjangkau!
Willer Japan Bus Pass: Solusi Lain Menjelajah Jepang Untuk Budget Traveller
Hanya Dengan 750 Yen, Bisa Berkeliling Tokyo Dengan JR Tokunai Pass
JR Pass: Menelusuri Jepang dengan Murah, Efektif, dan Efisien

Tanggal penjualan dan masa berlakunya berubah-ubah sedikit setiap tahun karena mengikuti kalender akademik. Kamu bisa menceknya di laman Seishun 18 ini. Sekarang, untuk mendorong tingkat pariwisata ke daerah-daerah di Jepang, Seishun 18 bisa dipergunakan siapa saja, termasuk turis asing.

Tidak seperti JR Pass, kamu bisa membelinya di stasiun kereta JR sewaktu tiba di Jepang, tidak harus membelinya terlebih dahulu di negara asal sebelum berangkat. Sewaktu membelinya, kamu akan diserahi segepok kartu, namun tiket yang dimaksud adalah yang ditunjukkan di foto di bawah ini (tiket ini baru dicap satu kali):

Di atas setiap lembar tiket, ada tempat untuk lima cap. Nah, setiap satu cap berlaku untuk satu orang per satu hari. Ini berarti, tiket Seishun 18 bisa saja kamu gunakan sendirian selama lima hari, atau bisa juga kamu gunakan bersama empat teman kamu yang bepergian bersama-sama selama seharian.

Seishun 18 adalah salah satu opsi untuk menekan biaya perjalanan di Jepang

Bisa juga, misalnya, di hari pertama saya bepergian bersama seorang teman. Jadi di hari pertama, tiket saya dibubuhi dua cap, satu untuk saya, satu untuk teman saya. Setelah hari itu, kami berpisah, jalan sendiri-sendiri. Tiga tempat cap yang tersisa pun saya gunakan sendiri. Pokoknya, kombinasi penggunaannya terserah kita saja. Harga Seishun 18 adalah 11.850 yen, yang berarti setiap cap (alias setiap hari perjalanan) dihargai 2.370 yen saja.

Selama seharian itu, kita bebas naik kereta lokal dan rapid JR ke mana saja di Jepang. Secara teori, bisa saja kamu dalam satu hari itu naik kereta lokal non-stop dari utara sampai selatan Jepang! Dan, sepanjang perjalanan itu, kamu bebas untuk naik-turun di kota mana saja dan keluar dari stasiun, alias mampir-mampir. Ini termasuk di jalur-jalur yang tidak dilewati kereta cepat seperti Shinkansen.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.