Berkat Pokemon GO, Jumlah Bunuh Diri di Jepang Menurun Drastis




Di tahun 2016 silam, Pokemon GO menjadi salah satu permainan yang paling hits. Ribuan orang diseluruh dunia memainkannya, tak terkecuali di Jepang. Meski sekarang gaungnya sudah menurun, ternyata game buatan Niantic itu memiliki pengaruh positif di Negeri Sakura.

Seperti sudah diketahui bersama, Jepang adalah salah satu negara dimana tingkat bunuh dirinya paling tinggi di dunia. Salah satu tempat favorit bagi orang yang hendak bunuh diri di Jepang adalah tebing Tojinbo. Kini jumlah bunuh diri di Tojinbo berkurang drastis sejak kehadiran Pokemon Go.

Melansir Rocket News 24, hari Selasa (4/4/2017), jumlah pelaku bunuh diri di wilayah tersebut bisa menyentuh angka 0. Di tahun kemarin, banyak orang yang datang ke tebing Tojinbo bukan untuk bunuh diri melainkan untuk berburu Pokemon.

“Banyak orang datang ke Tojinbo bukan untuk bunuh diri, melainkan ingin berburu Pokemon. Bahkan, ada yang rela mendirikan tenda dan berkemah di sana. Karena banyak orang berburu di sana, atmosfer Tojinbo yang dulunya seram, berubah menjadi menyenangkan dan ramai,” ujar Shige, seorang anggota kepolisian Tojino.

Tebing Tojinbo yang terletak di Prefektur Fukui, memiliki pemandangan indah bebatuan yang berasal dari pembekuan lava gunung berapi dengan pemandangan laut. Tempat ini menjadi spot bunuh diri terpopuler kedua di Jepang setelah hutan Aokigahara di kaki pegunungan Fuji.

Sebelumnya, Pokemon GO juga memiliki dampak positif bagi penderita Hikikomori dan para otaku. Sejak permainan tersebut masuk ke Jepang, mereka yang biasa mengurung diri di kamar banyak yang berada di luar untuk bermain Pokemon GO, suatu hal yang bahkan tidak bisa dilakukan oleh psikiater.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2221 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.