Berburu Sukajan, Jaket Kebanggaan Yankee Jepang




Untuk membeli sukajan, kita harus merogoh kocek dalam-dalam

Tak kalah dengan Perancis, Jepang juga dikenal sebagai pusat fashion di kawasan Asia. Tak heran bila sebagian besar masyarakatnya sangat memperhatikan urusan gaya berpakaian, baik itu ketika pergi ke kantor atau hanya untuk sekadar hangout bersama teman-teman.

Bersinggungan dengan pembuka di atas, kali ini tim The Daily Japan akan membahas salah satu pakaian yang menjadi ciri khas anak-anak muda di Jepang, yakni Sukajan.

Baca Juga
Menghabiskan Sore di Asakusa yang Menyajikan Sisi Tradisional Tokyo
Kimono atau Yukata? Temukan Perbedaannya!
Para Ibu di Jepang Tetap Setia Mengantar Anak Mereka Dengan Mamachari
Tokyo Subway Pass: Alternatif Berkeliling Tokyo Dengan Harga Terjangkau

Bagi Anda yang sering menonton film atau dorama Jepang yang bernuansa gangster atau Yankee pasti sudah tidak asing dengan jaket bertipe bomber yang satu ini. Memang, jaket ini dulunya sering dijadikan simbol bagi para Yankee.

Namun, seiring berjalannya waktu Sukajan mulai dipakai semua kalangan. Tak ketinggalan anak muda yang berlalu lalang di pusat keramaian di Jepang.

Sukajan lahir dari perpaduan budaya Amerika Serikat dan Jepang

Bila menapak tilas ke belakang, sejarah Sukajan ini bermula ketika masa Perang Dunia II. Selama masa pendudukan oleh Amerika Serikat, para tentara dan pasukan sekutu berinisiatif untuk membordir belakang jaket mereka dengan desain yang berbau tradisional Jepang, sepeti misalnya gambar naga, bunga sakura, dan semacamnya.

Sebagian ada yang memilih untuk menggunakan desain yang menjadi ciri khas Jepang lainnya, semisal ikan koi atau Geisha. Sementara itu dari sisi bahan, Sukajan menggabungkan antara bahan kain rayon dan sutra. Sehingga bahan Sukajan terasa sejuk dan halus.

Karena desainnya yang unik, tak sedikit dari tentara itu yang membawa Sukajan sebagai oleh-oleh untuk sanak keluarga di kampung halaman.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 1802 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.