Berburu Stempel Stasiun Kereta di Jepang




Stempel stasiun Jepang menjadi salah satu buruan yang unik dan menyenangkan

Jepang  terkenal sebagai salah satu negara penghasil barang untuk di koleksi. Mulai dari mainan hingga komik, serta berbagai macam barang lainnya. Dan, ternyata ada satu barang yang bisa kita koleksi yang berhubungan dengan stasiun kereta di Jepang yaitu Eki Stamp (stempel stasiun).

Memang tidak semua line dan stasiun menyediakan koleksi stempel ini. Salah satu yang menyediakannya adalah JR Lines. Jadi apa Eki Stamp ini? ini adalah stempel yang ditempatkan di stasiun-stasiun di Jepang.

Stempel ini biasanya bergambarkan hal yang khas dari stasiun atau daerah sekitar stasiun itu berada dan tentu bertuliskan nama stasiun yang bersangkutan. JR Lines sendiri menyediakan 77 koleksi stempel stasiun yang tersebar di seluruh jalur JR.

Baca Juga
Rahasia Dibalik Orang Jepang Mudah Tertidur di Kereta
JR East Berikan Kode Nama Untuk Seluruh Stasiun di Tokyo
Kosakata Sebelum Naik Kereta di Jepang
Alat-alat Transportasi di Jepang

Keberadaan stempel ini dimaksudkan agar penduduk sekitar mau untuk naik kereta dikarenakan ada sesuatu yang bisa mereka koleksi dan tentu saja untuk menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

77 stempel stasiun yang siap diburu
77 stempel stasiun yang siap diburu

Yang menarik dari mengumpulkan benda ini adalah kalian bisa tahu mengenai sejarah stasiun atau hal unik lain dari keadaan sekitarnya.

Eki Stamp Meguro misalnya menggunakan gambar lukisan terkenal dari Utagawa Hiroshige (1797-1858) Meguro Jijiga Chaya (Kebun Teh milik Kakek), yang menggambarkan pemandangan kebun teh.

Konon gambar ini diambil karena pada zaman Edo, kebun teh di kawasan Meguro merupakan salah satu tempat paling terkenal. Tersimpan sejarah dalam stempel ini.

stamp 2Tertarik untuk mencoba mengumpulkannya? Sekadar tips, karena kadang tempat stempel ini tersembunyi, kalian bisa menanyakan ke petugas stasiun.

“Sumimasenkonoekiwaeki stamp gaarimasuka? Dokodesuka?” (Permisi, apakah di stasiun ini ada stempel stasiun? Dimanaya?)

Dan, dengan senang hati mereka akan menunjukan tempatnya. Selamat berburu!

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.