Mental Juara Jadi Kunci Keberhasilan Kashima Antlers Meraih Gelar Juara J.League 2016




Kashima Antlers sukses meraih gelar liga Jepang 2016 usai menundukan Urawa Red di partai final

Pro dan kontra mengiringi keberhasilan Kashima Antlers meraih gelar juara liga Jepang 2016. Gelar ke-8 dari tim asal Ibaraki ini sekaligus semakin menasbihkan mereka sebagai tim tersukses dalam sejarah sepakbola Jepang.

Kashima Antlers merengkuh gelar juara usai mengalahkan Urawa Red Diamonds 1-2 di leg kedua pertandingan final hari Sabtu (3/12) di Stadion Saitama 2012. Meski skor keseluruhan dalam dua laga final berakhir imbang 2-2, Antlers tampil sebagai pemenang dengan keunggulan mencetak gol lebih banyak saat partai tandang.

Mu Kanazaki yang berhasil menjadi pahlawan Antlers di babak semifinal saat melawan Kawasaki Frontale, kembali menjadi sosok yang menentukan di partai puncak. Dua gol dari mantan pemain Nagoya Grampus itu memastikan piala kembali pulang ke Kashima.

Mu Kanazaki memastikan gelar juara Kashima Antlers dengan gol yang dicetaknya melalui tendangan penalti ke gawang Urawa Red
Mu Kanazaki memastikan gelar juara Kashima Antlers dengan gol yang dicetaknya melalui tendangan penalti ke gawang Urawa Red

Kesuksesan Antlers meraih gelar juara tahun ini tidak terlepas dari mental juara yang sudah mengakar di dalam tim. Di pertandingan pertama mereka harus mengakui keunggulan Urawa dengan skor 0-1. Dengan materi pemain bintang yang dimiliki Urawa tentunya gelar seperti sudah di depan mata mereka.

Kenyataannya, melakoni pertandingan menentukan dengan tekanan puluhan ribu pendukung Urawa tidak membuat pasukan muda Antlers gentar. Dengan kesabaran di sepanjang laga, mereka berhasil menghukum kesalahan dari para pemain tim tuan rumah.

Antlers sendiri memasuki babak Championship Series dengan kondisi mengkhawatirkan. Mereka terseok-seok di putaran kedua musim ini dengan menempati posisi ke-11. Situasi di dalam tim juga tidak terlalu kondusif karena sempat terjadi konflik antara Kanazaki dengan sang pelatih Masatada Ishii.

Kashima Antlers lolos ke babak Championship Series usai menjadi juara putaran pertama
Kashima Antlers lolos ke babak Championship Series usai menjadi juara putaran pertama

Antlers lolos ke babak Championship Series berbekal status mereka menjadi juara putaran pertama. Sesuai peraturan, juara putaran pertama dan kedua berhak mendapatkan tiket otomatis terlepas dari posisi mereka di klasemen akhir.

Di pertandingan semifinal, Antlers bertandang ke markas Kawasaki Frontale yang posisinya berada di atas mereka dalam klasemen akhir. Penampilan carut-marut Antlers di babak kedua membuat banyak pihak yang lebih menjagokan Frontale untuk lolos ke babak final.

Disinilah mental juara Antlers mulai berbicara. Menerima serangan bertubi-tubi dari Frontale, Antlers sukses mencuri gol melalui tandukan Mu Kanazaki di babak kedua. Kanazaki yang tidak banyak memberikan kontribusi di sepanjang pertandingan, sukses mengkonversi satu-satunya peluang yang ia dapatkan menjadi gol.

Mu Kanazaki juga menjadi pahlawan Kashima Antlers di babak semifinal
Mu Kanazaki juga menjadi pahlawan Kashima Antlers di babak semifinal

Merebut gelar dengan skuat bukan yang terbaik bukan hal baru untuk Antlers. Setahun silam mereka berhasil menghepaskan Gamba Osaka di pertandingan final Piala Liga dengan skor 3-0. Hasil yang terbilang mengejutkan karena Gamba ketika itu berstatus sebagai tim terbaik Jepang usai merebut treble winners di musim sebelumnya

Meski mental juara Antlers banyak mendapatkan pujian, tidak sedikit yang menganggap gelar juara mereka kali ini tidak adil, terutama dari para suporter Urawa. Dalam klasemen akhir, Antlers tertinggal 15 poin dari Urawa. Mereka juga dinilai tidak serius di putaran kedua karena sudah mengantongi tiket babak Championship Series.

kashima

Regulasi yang digunakan oleh J.League dalam dua musim terakhir memang menuai banyak kritikan. Di satu sisi memang memberikan keuntungan dari segi ekonomi karena semakin banyaknya pertandingan, pemasukan dari hak siar dan tiket semakin banyak. Di sisi lain, kualitas liga dianggap semakin menurun yang berpengaruh kepada penampilan tim Jepang di ajang Liga Champions Asia.

Terlepas dari apapun kontroversinya, kita harus mengucapkan selamat kepada Kashima Antlers dan seluruh pendukungnya. Tugas mereka belum selesai, karena sebagai juara liga Jepang, mereka mendapatkan tiket untuk berlaga di ajang Piala Dunia Antar Klub pekan ini.

 

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2217 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.