Banyak Orang Indonesia yang Berada di Jepang Secara Ilegal




Grafik warga negara asing yang berada di Jepang dengan status ilegal

Sejak diberlakukannya bebas visa untuk para pemegang e-paspor, memang semakin banyak orang Indonesia yang mengunjungi Jepang, tetapi hal ini juga menjadi memicu banyak orang Indonesia yang sekarang berada di Jepang dengan status ilegal terkait dengan visa kunjungan/menetapnya sudah habis tapi tidak kembali ke Tanah Air.

Dikutip dari tribunnews, Rabu (29/6) ada enam negara yang jumlah pendatang ilegalnya semakin banyak masuk ke Jepang, salah satunya adalah Indonesia. Selain Indonesia, negara lainnya adalah Korea Selatan, China, Thailand, Filipina, Vietnam, Taiwan.

Menurut data yang dikeluarkan oleh pihak imigrasi Jepang, sejak tanggal 1 Januari 2016 hingga sekarang tercatat sebanyak 63.000 orang warga asing berada di Jepang secara ilgal. Sedangkan di tahun 2014 silam hanya sekitar 59.000 orang.

Menanggapi hal ini, pihak imigrasi Jepang meminta bantuan kerjasama kepada negara-negara tersebut untuk menghimbau para warga negara mereka yang ada di Jepang dengan status ilegal agar kembali ke negara masing-masing.

Pihak imigrasi Jepang juga menyatakan jika hal ini terus berlanjut, para pendatang ilegal tersebut bisa dijerat hukum dan dijebloskan ke dalam penjara di Jepang.

Jika nantinya ada pendatang ilegal secara sadar diri melapor ke pihak imigrasi Jepang, maka akan diproses kepulangannya dan dibantu oleh pihak kedutaan negara masing-masing.

Semoga kedutaan besar Indonesia di Jepang bisa bekerjasama dengan pihak imigrasi Jepang untuk segera memproses warga negara Indonesia yang berada di Jepang dengan status ilegal.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.