Banyak Dampak Positif yang Bisa Dirasakan Orang Asing Saat Sudah Lama Tingal di Jepang




Banyak nilai positif yang bisa diambil dari kehidupan sehari-hari di Jepang

Bagi seorang pendatang, tinggal di kota berbeda dalam satu negara saja sudah cukup untuk membuat terkejut. Perbedaan bahasa, kultur hingga makanan terkadang membuat orang sulit beradaptasi.

Bayangkan, saat kita harus menjalani kehidupan sebagai pendatang di negara lain. Bukan hanya soal bahasa dan makanan, perbedaan suhu, jenis huruf juga merupakan tantangan tersendiri bagi setiap orang. Apalagi, ketika Anda harus menetap lama di Jepang untuk suatu pekerjaan, sekolah atau lainnya.

Meski tidak mudah bagi pendatang atau orang asing untuk tinggal di Jepang karena perbedaan bahasa dan tingginya biaya hidup, namun tanpa disadari banyak dampak positif yang bisa berpengaruh ke kehidupan sehari-hari akibat lama tinggal di Jepang.

Tidaklah mudah bagi orang asing untuk hidup di Jepang

Melansir Rocketnews 24 dan pengalaman kami, berikut ini pengaruh positif yang timbul bagi orang asing yang menetap di Jepang.

Pengaruh sosial

Berada di lingkungan orang-orang yang sopan, ternyata memberi dampak positif bagi para pendatang. Salah seorang pendatang mengatakan “Saya menjadi orang yang lebih baik daripada sebelumnya,” kata salah seorang yang pernah merasakan tinggal lama di Jepang.

Sedangkan yang lain mengatakan, mereka menjadi orang yang lebih memperhatikan orang lain dibanding dia sendiri. “Saya lebih sensitif pada perasaan dan kebutuhan orang lain, juga pada kesulitan pada hubungan interpersonal,” tambahnya.

Selain itu, suka atau tidak suka, tinggal di Jepang akan melatih kita untuk disiplin. Mulai dari tepat waktu hingga buang sampah pada tempatnya.

Tinggal di Jepang akan membuat disiplin dalam banyak hal seperti membuang sampah pada tempatnya

Pengaruh bahasa

Adanya konsep “ichinichi ichizen” atau satu hari, satu hal baik membuat orang lebih memikirkan baik-baik tentang bagaimana mereka menjalani kehidupan.

Makna kata tersebut adalah saat mengerjakan hal baik tidak selalu mudah, kita harus mencoba untuk melakukan hal baik setiap hari, meski itu hal kecil.

Pengaruh filosofi

Salah satu konsep yang telah membantu orang untuk mengatur hidupnya adalah Ikigai atau “tujuan hidup.” Ikigai berbeda antara satu orang dan lainnya. Selain itu, masih ada konsep lain seperti, wa atau harmoni, mushin atau tidak dipikirkan.

Pengaruh seni

Keseluruhan budaya Jepang dicerminakan melalui secangkir teh hijau. Ada makna mendalam dalam setiap gerakan kecil pada seni budaya Jepang, seperti upacara minum teh, di mana setiap aspek dalam pembuatan teh dinilai sebagai hal yang telah dilatih secara terus menerus untuk menerima hasil sempurna.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2215 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.