Bantuan Pemerintah Membuat Bisnis Makanan Halal Semakin Marak di Jepang




Semakin maraknya restoran bersetifikat halal, semakin memudahkan wisatawan muslim di Jepang

Program dinas pariwisata Jepang yang ingin menarik 20 juta wisatawan asing jelang Olimpiade Tokyo 2020 membuat mereka membuat kebijakan-kebijakan baru yang memudahkan para turis untuk berkunjung ke Jepang.

Mulai dari dipermudahnya syarat untuk mendapatkan visa ke Jepang hingga paket-paket wisata murah coba diterapkan oleh Jepang. Hal ini semakin membuat Negara Matahari Terbit tersebut sebagai destinasi utama di Asia untuk berlibur.

Hal ini berdampak positif dengan semakin meningkatnya jumlah turis asing yang berlibur ke Jepang sepanjang tahun 2015 kemarin, tidak terkecuali negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam seperti Indonesia dan Malaysia.

Karena umat Muslim di Jepang masih menjadi minoritas, wisatawan yang beragama Islam sering kali mendapatkan kesulitan dalam kunjungan ke Jepang. Hal ini coba diperbaiki dengan makin maraknya restoran di yang bersetifikat halal di Jepang.

Baca Juga
7 Makanan Jepang yang Sudah Bersetifikat Halal
Takoyaki Halal Pertama di Jepang kini Bisa Dinikmati di Osaka
4 Restoran Halal di Nagoya
Mencicipi Kebab Halal Terbaik di Shibuya

Kini, restoran-restoran makanan tradisional Jepang seperti ramen sudah ada yang mengantongi sertifikat halal. Sebelumnya, hanya restoran India yang secara khusus menyediakan makanan berlabel halal bagi wisatawan asing di negara tersebut.

Hal ini tidak terlepas dari langkah pemerintah Jepang dan pemerintah daerah yang memberikan sokongan bagi restoran penyedia makanan halal.

Subsidi sebesar US$820 untuk masing-masing restoran tersebut kini membuat pelaku usaha kuliner di Jepang memasukkan daftar makanan halal pada daftar menu mereka.

“Kami menyediakan makanan yang enak dan menciptakan suasana agar mereka yang Muslim bisa menikmatinya tanpa ada kekhawatiran,” ujar Direktur Pariwisata Taito City, Takuji Kwai sebagaimana dikutip channelnewsasia.com.

Hanya saja ia mengakui tidak mudah untuk menyediakan makanan halal karena bumbunya terbatas selain harus diracik sendiri.

Meski tetap ada masalah dalam pengembangan bisnis makanan halal di Jepang, tidak bisa dipungkiri jika restoran halal di Jepang semakin menjamur dan menjadi lahan baru bagi para pengusaha Jepang yang ingin menyalurkan bisnis mereka.

Pertumbuhan restoran halal di Jepang juga ditandai dengan meningkatnya jumlah peserta pameran makanan pada acara Japan Halal Expo 2016.

Pada 2014, jumlah peserta pameran hanya 80 perusahaan, sekarang tercatat 120 peserta ikut serta seiring kian banyak wisatawan Muslim masuk ke Jepang.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1807 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.