Bandara Jepang Akan Pasang Sistem Pemeriksaan Baru




Bandara Haneda

Bandara-bandara di Jepang akan memasang sistem baru untuk secara otomatis mendeteksi bom saat memeriksa barang bawaan kabin menjelang Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.

Kementerian transportasi ingin memperketat keamanan penerbangan menyusul serangan-serangan teror di bandara-bandara di Turki dan Belgia tahun ini. Sistem sekarang dapat memindai bagasi dari atas saja. Dengan demikian petugas keamanan harus melakukan pemeriksaan menyeluruh saat sistem menemukan objek yang tak dikenal.

Tetapi sistem baru ini dapat mengeluarkan sinar X dari segala arah sehingga sistem dapat menganalisis isi bagasi. Citra yang jelas atas semua isi bagasi dapat diperoleh. Sistem pemeriksaan otomatis seperti ini dulu berukuran besar dan berbiaya lebih dari 2 juta dolar per unit.

Para pejabat mengatakan keputusan itu diambil setelah sebuah perusahaan AS mengembangkan sistem yang jauh lebih kecil dengan biaya kurang dari separuh sistem yang sekarang.

Uji coba operasi sistem baru ini direncanakan di Bandara Haneda tahun depan. Mereka berharap dapat menyelesaikan pemasangan di bandara-bandara besar di penjuru Jepang dalam waktu 4 tahun.

Sumber: NHK

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.