Bahasa Jepang Masuk Kurikulum SD di Vietnam




Pemerintah Vietnam mulai menguji coba pelajaran bahasa Jepang sebagai salah satu program bahasa asing di sekolah-sekolah dasar pada bulan September. Ini merupakan program pendidikan bahasa Jepang pertama bagi anak-anak sekolah di Asia Tenggara.

Dari sudut pandang Minh Thuy DR. Ngo Minh Thuy, Wakil Presiden Kajian internasional dan Bahasa, Universitas Nasional Vietnam di Hanoi, program ini memiliki masa depan. Bahasa Jepang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2003, saat itu dimulai dari satu kelas di sebuah SMP di Hanoi.

Sekarang bahasa Jepang telah dipelajari oleh 12.000 pelajar SMP dan SMA di seluruh Vietnam. Jumlah tersebut tidak termasuk mereka yang belajar secara pribadi di pusat bahasa Jepang atau lembaga kursus di kota-kota setempat. Hal ini menunjukkan betapa besarnya ketertarikan warga Vietnam dalam belajar bahasa Jepang.

Min Thuy mengatakan sekarang ini ada sekitar 1.500 perusahaan Jepang yang beroperasi di Vietnam dan jumlahnya terus meningkat. Kerja sama dan pertukaran bilateral di berbagai bidang antara Vietnam dan Jepang juga sangat aktif. Permintaan untuk belajar bahasa Jepang sangat kuat di antara warga Vietnam yang ingin bekerja di perusahaan-perusahaan Jepang.

Pelajarannya diuji coba di empat sekolah di ibu kota Hanoi dan Ho Chi Minh yang terletak di wilayah selatan. Empat kelas bahasa Jepang dalam seminggu kebanyakan diajarkan oleh guru-guru Vietnam di sekolah-sekolah tersebut. Pelajaran ini diharapkan akan diajarkan ke lebih banyak sekolah dasar di kota-kota setempat mulai tahun depan.

Sumber: NHK

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.