Bagaimanakah Budaya Mandi Orang Jepang?




Orang Jepang selalu melakukan kegiatan yang sangat padat dan sibuk setiap hari. Tidak ada waktu untuk melakukan hal-hal yang mereka anggap kurang penting, seperti mandi.

Orang Jepang mempunyai kebiasaan mandi satu kali dalam sehari, dan hanya dilakukan pada malam hari. Berbeda dengan orang Indonesia yang biasa mandi sebanyak dua kali, pagi dan sore hari.

Bagi orang Indonesia, mandi pada malam hari adalah hal yang aneh, sementara bagi orang Jepang mandi adalah sebuah kegiatan untuk menutup hari. Berendam di ofuro (bak mandi) setelah melakukan kegiatan sepanjang dipercaya dapat merilekskan tubuh sebelum tidur.

Baca Juga
Ojigi, Cara Orang Jepang Melakukan Salam
Inemuri, Tradisi Tidur Yang Unik Dari Orang Jepang
Bagaimana Tatakrama Ketika Makan di Jepang?
Fakta-Fakta Menarik Tentang Orang Jepang

Dikarenakan sudah mandi di malam hari nya, pada saat bangun tidur dan akan memulai kegiatan di pagi hari mereka merasa bahwa mereka tidak perlu lagi untuk mandi pagi, cukup mencuci muka dan menggosok gigi.

Menariknya adalah, bagi sebuah keluarga dengan banyak anggota keluarga, mereka akan menggunakan air ofuro yang sama. Walaupun menggunakan air ofuro yang sama, air tersebut tidaklah kotor.

Sebelum masuk dan berendam didalam ofuro, mereka sudah membersihkan diri terlebih dahulu menggunakan sabun. Setelah tubuh bersih dan tidak ada lagi sisa sabun di tubuh barulah mereka akan berendam didalam ofuro.

Walaupun sudah memiliki ofuro di rumah masing-masing, masih banyak orang Jepang yang pergi ke sento. Sento adalah sebuah pemandian umum yang pada awalnya dibuat karena dulunya tidak semua rumah dilengkapai dengan ofuro.

Meski sekarang semua rumah sudah dilengkapi dengan ofuro, orang Jepang memanfaatkan sento tidak hanya sebagai tempat untuk mandi tetapi juga untuk bersosialisasi.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.