Bagaimana Tatakrama Ketika Makan di Jepang?




Di negara-negara Asia, tatakrama ketika makan merupakan sesuatu yang sangat penting. Karena, dengan mengetahui dan melakukan tatakrama, kita akan berperilaku sopan dan tidak menyalahi aturan ketika makan.

Di Indonesia sendiri, terdapat banyak tatakrama ketika makan. Bahkan, terkadang tatakrama ketika makan di setiap daerah memiliki perbedaan.

Seperti halnya ketika orang Batak yang bersendawa setelah makan itu tidak masalah, tetapi bagi orang Sunda hal tersebut tidak sopan.

Lalu, bagaimana dengan Jepang ? Negara yang satu ini memang terkenal dengan banyaknya tatakrama di dalam kehidupan mereka yang harus di patuhi, tak terkecuali ketika makan.

Baca Juga
Pola Makan Yang Sehat Jadi Kunci Orang Jepang Bertubuh Langsing
7 Alasan Wanita Jepang Tidak Akan Gemuk
Apakah Tidak Ada Orang Gemuk di Jepang?
Mengenal Himono, Makanan Populer Jepang Sebelum Sashimi

Berikut ini adalah hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika kalian makan di Jepang.

1. Kalian boleh melakukan ‘slurp’ ketika makan mie

Jika di Indonesia mungkin adalah hal yang kurang sopan ketika kita melakukan ‘slurp’ atau menghisap mie agar masuk ke dalam mulut dan bersuara. Maka, di Jepang hal tersebut justru diharuskan.

Hal ini dipercaya oleh masyarakat Jepang kalau kita melakukan hal tersebut, maka kita menghargai mie yang disajikan dan secara tidak langsung menyatakan kalau mie tersebut enak kepada pembuat / penyajinya.

2. Jangan menancapkan sumpit secara vertikal di atas nasi

Ketika kalian memakan nasi yang berada di mangkok menggunakan sumpit, jangan sekali-sekali menancapkan sumpit secara vertikal di atas nasi kalian.

Orang Jepang meyakini kalau hal tersebut dilakukan hanya ketika mereka mempersembahkan makanan kepada orang yang sudah meninggal.

3. Pegang mangkuk nasi ketika menyuapi nasi ke dalam mulut menggunakan sumpit

Hal ini sangat baik dilakukan, karena selain jarak antara nasi dengan mulut menjadi lebih dekat, bisa juga untuk menghindari nasi yang berjatuhan ke meja makan sehingga membuat meja kotor.

4. Tatakrama ketika meminum sake

Ketika kalian pergi meminum sake dengan teman, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pertama, jika kalian ingin menuangkan sake ke dalam gelas teman, peganglah botol sake menggunakan kedua tangan kalian.

Kedua, jika kalian yang akan diberikan sake oleh teman, maka kalian harus mengangkat gelas mendekati botol agar tidak tumpah.

5. Jangan menuangkan minuman beralkohol ke gelas sendiri ketika makan dengan teman

Tata caranya sama saja ketika pergi minum sake dengan teman. Yang ditekankan disini adalah kalian jangan menuangkan minuman ke dalam gelas kalian sendiri, tetapi tuangkanlah ke dalam gelas teman kalian.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1809 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.