Badan Meteorologi Jepang Peringatkan Gempa Susulan di Tottori Pekan Depan




Penampakan salah satu wilayah di Tottori seusai gempa

Aktivitas seismik berlanjut di Prefektur Tottori, menyusul gempa berkekuatan 6,6 Skala Richter pada hari Jumat (21/10/2016) kemarin. Lebih dari 20 orang mengalami luka-luka akibat guncangan tersebut.

Badan Meteorologi Jepang (JMA) menyatakan sejak saat itu hingga pukul 6 sore hari Sabtu telah tercatat sejumlah 161 guncangan dengan intensitas minimal pada tingkat 1 di skala gempa Jepang 0 hingga 7. Gempa melanda Tottori tengah pada hari Jumat sesaat sebelum pukul 2 siang. Gempa itu tercatat pada tingkat 6 minus di Kota Kurayoshi, Yurihama, dan Hokuei di Provinsi Tottori.

Guncangan terasa di sebagian besar wilayah, dari Pulau Kyushu di Jepang barat daya hingga wilayah Tokyo dan sekitarnya. Pada hari Jumat, lebih dari 100 guncangan dengan intensitas minimal pada tingkat 1 tercatat di Tottori tengah.

Pada hari Sabtu (22/10/2016), gempa dengan intensitas hingga tingkat 3 tercatat 2 kali di Provinsi Tottori, sesaat sebelum pukul 4 pagi dan pada sekitar pukul 6 pagi. Sejumlah 21 orang mengalami luka-luka di Provinsi Tottori dan Okayama, serta di wilayah Kansai.

Para pejabat Kota Kurayoshi menyatakan gempa tersebut merusak pipa-pipa air dan berdampak pada 1.000 rumah tangga terhitung pada pukul 4 sore hari Sabtu. Pejabat JMA memperingatkan gempa berkekuatan sama dengan gempa hari Jumat lalu dapat kembali melanda pekan depan.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.