Kenapa Teh di Jepang Banyak yang Berasal Dari Kyoto?




Teh Jepang

Para peneliti Jepang menyatakan banyak teh yang beredar di pasar Jepang mempunyai asal muasal dari Kyoto, kota di wilayah Kansai yang pernah lama menjadi ibukota Jepang sebelum dipindahkan ke Tokyo.

Peneliti dari berbagai lembaga termasuk Universitas Provinsi Kyoto melakukan uji DNA terhadap 102 spesies teh yang dijual di Jepang. Mereka menemukan bahwa teh-teh ini dapat dipilah-pilah menjadi empat kelompok utama yang mengadung gen serupa.

Teh kualitas tinggi yang dikenal dengan merek Kyoto seperti Teh Uji berada dalam satu grup. Spesies yang dibiakkan di Kyoto sejak masa lalu berada dalam grup lain. Kelompok ketiga adalah teh yang diproduksi di wilayah produsen teh lainnya di Jepang termasuk Shizuoka. Kelompok terakhir adalah teh dari negara lain seperti teh Ulong dan teh Inggris. Sebanyak 65% teh yang berada dalam dua kelompok itu berasal dari Kyoto.

Nakao Kubo, Profesor Madya di Sekolah Pasca Sarjana Universitas Provinsi Kyoto yang memimpin penelitian ini menyatakan hasil ini menyiratkan kemungkinan kuat bahwa banyak teh di Jepang berasal dari Kyoto.

Sumber: NHK

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.