Apakah Kehidupan Sekolah di Jepang Sama Seperti yang Ada di Dalam Anime?




Para pelajar di Jepang tidak mempunyai waktu yang banyak diluar dunia pendidikan

Sebelumnya, kalian harus mengingat bahwa semua adegan yang ditampilkan dalam serial anime favorit kamu tidak terjadi di kehidupan sekolah di Jepang yang sesungguhnya. Anime tentang sekolah selalu menampilkan banyak kegiatan menyenangkan di dalam ruang kelas, menghadiri klub sekolah setiap tahun, melakukan tugas sehari-hari dan menghabiskan waktu bersama teman-teman.

Sayangnya, pada kenyataan sekolah di Jepang lebih ketat, dan banyak murid yang tidak mempunyai waktu untuk berteman atau melakukan hal-hal serupa. Kebanyakan dari waktu mereka digunakan untuk belajar, dan para murid hanya memiliki waktu yang sangat terbatas untuk hiburan.

Baca Juga
Hari Pertama Masuk Sekolah, Anak di Jepang Diwajibkan Berjalan Kaki
Sistem Pendidikan Yang Teratur Menjadi Rahasia Dibalik Kecerdasan Negeri Sakura
Sailor Fuku Sebagai Identitas Para Pelajar Jepang
Fakta Unik dan Menarik Tentang Sekolah di Jepang

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kenyataan di sekolah Jepang, berikut beberapa peraturan yang harus diikuti murid di sekolah seperti yang kami lansir dari Japan Info.

1. Dilarang mengendarai mobil ke sekolah

Keselamatan adalah satu dari faktor-faktor penting. Banyak murid yang berjalan kaki, atau mengendarai sepeda jika jarah antara sekolah dan rumah tidak terlalu jauh. Kasus lain, murid harus menggunakan transportasi umum, seperti kereta dan bis. Kebijakan sekolah juga kadang mengharuskan murid untuk berdiri di bis dan kereta, memberikan tempat duduk kosong untuk penumpang lain.

2. Seragam sekolah adalah pakain yang harus dipakai

Ada beberapa variasi seragam sekolah yang tersedia, tetapi singkatnya, tipe yang paling umum adalah blazer dan sailor.

Salah satu seragam di dalam anime
Salah satu seragam di dalam anime

Gaya blazer: kemeja putih lengan panjang untuk perempuan dan laki-laki, diikuti dengan blazer hitam. Dasi dipakai di leher baik untuk laki-laki maupun perempuan. Terkadang, perempuan hanya memakai pita saja.

Gaya Sailor : fitur utama untuk perempuan adalah kerah yang seperti pelaut dan pita di dada. Sebaliknya, yang laki-laki memakai jaket kerah tinggi dengan kancing emas, yang disebut Gakuran.

Kebanyakan dari mereka diperbolehkan untuk melepas jaket selama musim panas dan hanya memakai kemeja putih berlengan pendek, untuk laki-laki memakai kaos kasual di bawah kemeja berlengan.

Sailor Fuku
Sailor Fuku

3. Larangan akan beberapa aktivitas di tempat umum

Membaca buku saat sedang berjalan-jalan, mengunyah permen karet, atau aksi “tidak sopan” lainnya dilarang oleh sekolah karena dapat membuat reputasi buruk untuk sekolah. Meskipun begitu, kebiasaan ini tidak terlalu menjadi masalah jika sang murid melakukannya jauh dari sekolah.

4. Memakai sepatu dalam ruangan

Uwabaki, sepatu yang harus dipakai murid di dalam ruangan
Uwabaki, sepatu yang harus dipakai murid di dalam ruangan

Saat di sekolah, murid biasanya disiapkan loker atau rak sepatu, untuk menaruh sepatu (yang untuk di luar ruangan) dan memakai uwabaki (sepatu untuk di dalam ruangan) sebelum memasuki kelas. Tujuan utama sepatu dalam ruangan ini untuk tetap menjaga kebersihan dan menekan perawatan lantai, karena tidak ada janitor atau ob di dalam gedung.

5. Tidak boleh ada snack dan ramen instant di sekolah

Snack-snack manis penuh gula dan makanan instan dilarang di kebanyak sekolah karena itu tidak memiliki banyak kandungan nutrisi yang menguntungkan. Memperbolehkan makanan-makanan seperti itu masuk ke lingkungan sekolah dapat mengakibatkan banyak masalah kesehatan, seperti sakit gigi, obesitas, penyakit hati dan tekanan darah tinggi. Murid sering makan siang dari kantin sekolah atau memakan bento yang dibuat oleh ibu mereka di pagi hari, yang terdiri dari nasi, telur, ikan, buah dan sayuran, dan sebagainya.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.