Apa yang Dipikirkan Orang Jepang Mengenai Weeaboo?




Akan selalu menimbulkan perdebatan jika berhadapan dengan Weaboo

Weeaboo sering mendapatkan reputasi jelek ketika mereka terlalu mengkultuskan kultur Jepang. Namun, apakah yang dipikirkan orang Jepang sendiri mengenai mereka?

Jika Anda sangat tertarik dengan Jepang, Anda mungkin akan bertemu beberapa weeaboo, baik itu saat belajar Bahasa Jepang, ataupu ketika tinggal di Jepang. Atau mungkin Anda adalah termasuk weeaboo itu sendiri?

Jika Anda asing dengan istilah tersebut, weeaboo secara singkat dapat dikatakan sebagai  seseorang yang terobsesi dengan kultur negara Jepang namun dengan cara yang sangat dangkal. Waeboo sering kali disamakan dengan otaku meski kenyataannya berbeda. Weeaboo terkadang disebut dengan Wapanese atau “want to be Japanese.”

Mereka sering berusaha keras belajar mengenai bahasa, dan kebanyakan dari mereka malah tidak mengetahui atau buta mengenai realita kehidupan di Jepang. Jika seseorang menyatakan pendapat negatif soal negara Jepang atau image berbeda mengenai kehidupan disana, maka mereka tiba-tiba menjadi marah.

Mereka akan membantah apapun yang tidak ingin mereka dengarkan dari pendapat tersebut, dan terus melanjutkan fantasi yang indah dari kehidupan di Jepang. Singkat kata, weeaboo adalah seseorang yang sangat ‘mendewakan’ Jepang, dan memiliki pikiran jika Jepang adalah negara paling sempurna di dunia.

Terkadang jika bertemu dengan seseorang yang memiliki sifat weeaboo memang sangat menjengkelkan dan menimbulkan perdebatan yang tidak akan ada akhirnya. Namun, ada tingkatan yang berbeda dari weaboo itu sendiri, dan beberapa pendapat mengatakan bahwa sangat tertarik dalam hal apapun lebih baik daripada menjadi seorang sinis yang membenci segalanya.

Lalu bagaimana pendapat orang Jepang sendiri mengenai weeaboo? Youtuber That Japanese Man Yuta melakukan interview dijalanan kepada beberapa orang Jepang.

Dia menanyakan pendapat pada orang-orang tersebut bagaimanakah pendapat mereka mengenai penggemar Jepang ini, dan apakah kehadiran mereka memberi sisi positif atau negatif.

Dari hasil interview tersebut, sebagian besar respoden yang orang Jepang asli sendiri, tampaknya tidak memiliki masalah dengan weeaboo. Bahkan, mereka terkesan ada orang-orang dari luar negeri yang bisa mengembakan minat mendalam mengenai Jepang hanya dari bagian luar pop culture Negeri Sakura secara online, dan mereka juga merasa senang mengetahu beberapa orang asing sangat menyukai negeri mereka.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.