Amerika Serikat Akan Kembalikan Sebagian Okinawa ke Jepang




Pangkalan Militer Amerika Serikat di Okinawa

Amerika Serikat akan mengembalikan ke Jepang sebagian wilayah di Okinawa yang saat ini dipakai sebagai fasilitas pelatihan hutan bagi pasukan Amerika. Pengembalian tanah seluas empat ribu hektar tersebut tersebut dilakukan di tengah-tengah ketidaknyamanan karena terus berlanjutnya kehadiran militer AS di pulau itu.

Langkah ini akan mengurangi wilayah yang dikuasai Amerika di Okinawa sebesar 17%. Ketidaksukaan yang sejak lama ada terkait kehadiran pasukan Amerika di Okinawa terpicu kembali tahun ini karena ditangkapnya mantan marinir AS terkait perkosaan dan pembunuhan wanita setempat.

Baca Juga
Jepang Membayar 4 Juta USD Untuk Mendapatkan Kembali Okinawa
Okinawa, Sepotong Keindahan dari Surga di Selatan Jepang
Berbagai Macam Makanan Khas Okinawa
Kansai dan Okinawa Siapkan Fasilitas Ramah Muslim

Wilayah paling selatan di Jepang itu hingga kini masih menjadi basis militer AS yang dihuni puluhan ribu serdadu. Pulau Okinawa merupakan lokasi pangkalan militer AS terbesar di kawasan Asia. Sedikitnya 80.000 tentara Jepang tewas dan lebih dari 100.000 warga Okinawa dibunuh atau bunuh diri selama Perang Dunia II.

Sumber: Tribunnews

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.