Ambisi Jepang Untuk Menguasai Pasar Produk Halal Dunia




Salah satu restoran yang menyajikan makanan halal di Bandara Narita

Semakin maraknya wisatawan muslim yang berkujung ke Jepang membuat pemerintah Jepang perlahan mempelajari segala sesuatu yang dibutuhkan oleh mereka. Sekarang ini sudah banyak tempat ibadah untuk umat Muslim di kota-kota besar Jepang, serta semakin banyak rumah makan yang menyediakan makanan halal.

Tak puas sampai disitu, Pemerintah Jepang berencana menjadikan wilayah mereka sebagai pusat produk halal dunia. Hal itu terlihat dari sejumlah produk yang sudah melewati uji verifikasi lembaga halal di Negeri Matahari Terbit.

Menurut Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia, Yasuaki Tanuzaki, tak hanya produk yang telah mendapat sertifikasi halal. Produk pariwisata juga telah diuji melalui serangkaian standar Islam.

“Verifikasi standar halal ini semata-mata untuk memberikan kenyamanan kepada WNI yang berlibur ke Jepang,” ujar Tanuzaki.

Selain bekerja sama dengan lembaga halal di Jepang. Pemerintah Jepang juga menjalin kerja sama dengan Malaysia untuk standar produk halal.

Sejaka penyelenggaraan Halal Summit yang diadakan di Jepang tahun 2014 lalu. Banyak pengusaha Jepang tertarik untuk berinvestasi di produk syariah. Hal ini terlihat dari banyaknya produk pariwisata di Fuji yang telah tersertifikasi halal.

Mereka menyatakan ketertarikannya dengan bisnis syariah karena dianggap memiliki pasar yang menjanjikan. Selain itu, produk makanan yang berlabel halal dianggap lebih sehat.

Sumber: Republika

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.