7 Restoran Ramen yang Wajib Dikunjungi di Prefektur Kagawa




Selain terkenal sebagai "Prefektur Udon", Kagawa juga memiliki beberapa restoran ramen yang wajib dikunjungi

Bila mendengar nama “Kagawa”, mungkin sebagian dari kalian akan teringat pada Shinji Kagawa, seorang pemain sepak bola bagi Borussia Dortmund dan tim nasional Jepang. Akan tetapi, penulis tidak akan menginformasikan tentang Kagawa yang itu, melainkan sebuah prefektur yang terdapat di regional Shikoku, Jepang.

Prefektur Kagawa terkenal dengan tingkat konsumsi udon (makanan Jepang berbahan dasar mie) tertinggi di Jepang. Bahkan, karena hal tersebut prefektur yang satu ini sampai mendapat julukan sebagai “Prefektur Udon”. Namun ternyata, tidak hanya udon saja yang nikmat dari daerah ini, tetapi juga beberapa jenis ramen yang wajib kalian cicipi ketika berkunjung ke Prefektur Kagawa.

Setidaknya ada tujuh restoran yang menyediakan ramen lezat seperti yang direkomendasikan oleh tsunagujapan. Apa saja restoran tersebut? Silakan simak informasinya berikut ini:

  1. Ramen Wakamatsu

Pertama adalah Ramen Wakamatsu yang terletak di kota Konyamachi. Di sini kalian bisa menikmati berbagai varian ramen yang memiliki bahan dasar seafood serta kuah kecap. Wakamatsu Ramen merupakan varian terkenal dari restoran ini dan bisa dibeli dengan harga 650 yen atau sekitar Rp 78.000 (bila 1 yen = Rp 120).

Ada berbagai varian topping pada ramen ini, bahkan kalian bisa meminta daun bawang dan tauge lebih banyak jika kalian mau. Bagi pecinta makanan pedas, restoran ini menawarkan ramen yang memiliki kuah pedas bernama Pirikara Ramen seharga 700 yen. Selain itu, ada juga menu terkenal lainnya bernama Gyokai Tsukemen seharga 800 yen.

Restoran Ramen Wakamatsu buka setiap hari Senin sampai Sabtu dari jam 11 siang sampai jam 3 sore serta dari jam 6 malam sampai jam 9 malam. Untuk aksesnya kalian perlu menaiki kereta Takamatsu-Kotohira Electric Railroad Kotohira Line menuju Stasiun Kataharamachi dan berjalan kaki selama delapan menit.

  1. Hamando

Selanjutnya adalah restoran bernama Hamando yang memiliki bangunan bergaya Jepang kuno. Tempat ini terkenal dengan Sanuki Ramen-nya yang mana suatu waktu kalian akan melihat antrian untuk mendapatkan ramen tersebut di restoran ini. Kuah dari ramen di restoran ini sendiri terbuat dari rebusan tulang ayam atau babi ditambah dengan ikan teri kualitas terbaik yang menambah kaya cita rasa dari kuah kaldunya.

Selain Sanuki Ramen, coba juga Shio Ramen seharga 680 yen yang tak kalah nikmat dengan kuah yang memiliki rasa asin. Jadwal operasionalnya dari hari Kamis sampai dengan hari Selasa, mulai buka dari jam 11 siang sampai jam 3 sore. Untuk aksesnya kalian perlu menaiki kereta JR Yosan Line dan turun di Stasiun Mino, dilanjutkan dengan berjalan kaki selama tujuh menit.

  1. Dontotsu Ramen

Restoran yang satu ini memiliki bangunan yang cukup sempit, hanya tersedia sekitar 16 kursi saja untuk pengunjung. Meskipun bangunannya sempit, tetapi porsi ramen yang ditawarkan jauh lebih banyak. Porsi paling sedikit di restoran ini saja sama dengan porsi normal di restoran lainnya. Kalian juga bisa meracik sendiri topping ramen sesuai keinginan kalian.

Misalnya kalian mau menambahkan bawang putih, sayuran, kuah kaldu yang kental atau yang biasa saja, bahkan kalian bisa menambahkan minyak di kuah jika kalian suka. Dan yang lebih enaknya lagi, kalian tidak perlu membayar biaya tambahan kalau ingin memperbanyak topping.

Restoran ini buka setiap hari sepanjang tahunnya, untuk hari Senin sampai Sabtu, restoran akan buka dari jam 11 siang sampai jam 3 sore serta jam 5 sore sampai jam 9:30 malam. Sementara di hari Minggu dan hari libur nasional, restoran hanya buka dari jam 11 siang sampai jam 3 sore saja.

Untuk akses menuju restoran ini, kalian hanya perlu naik kereta sampai dengan Stasiun JR Takamatsu dan berjalan sekitar delapan menit untuk bisa sampai ke sana.

  1. Murasaki Shokudo

Restoran ini terletak di Maritime Plaza Takamatsu bersama dengan restoran-restoran ramen lainnya. Ramen yang dihidangkan memiliki kuah kental yang berasal dari kaldu tulang babi asal Kagoshima. Selain kekayaan rasanya, tingkat kematangan ramen ini pun akan membuat kalian ingin menikmati kuahnya sampai habis. Rasa dari bawang putih yang dibakar pun menambah kenikmatan rasa dari ramen yang dihidangkan.

Restoran ini buka setiap hari sepanjang tahun, hari Senin sampai Jumat akan buka mulai jam 11 siang sampai jam 9 malam. Sedangkan di hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional akan mulai dibuka dari jam 11 siang sampai dengan jam 10 malam. Hampir sama seperti Dontotsu Ramen, untuk menuju ke Murasaki Shokudo ini kalian perlu naik kereta sampai Stasiun JR Takamatsu dan berjalan sekitar empat menit.

  1. Teuchi Ramen Muran

Terletak di belakang Takamatsu Mitsukoshi New Building, kalian hanya perlu menaiki kereta Takamatsu-Kotohira Electric Railroad Kotohira Line menuju Stasiun Kataharamachi dan berjalan sekitar lima menit untuk mengunjungi restoran ini. Dikelola oleh sepasang suami istri yang sudah veteran di dunia bisnis, restoran ini sangat terkenal yang menyebabkan selalu ramai dikunjungi pelanggan.

Setelah memesan, sang koki akan langsung mengolah adonan menjadi mie dengan gaya membuat ala Tiongkok di depan mata kalian. Pengunjung mungkin akan jatuh cinta ketika melihat keahlian sang koki dalam membuat mie ramen.

Ada berbagai varian ramen yang dijual, seperti Yakibuta Ramen seharga seribu yen, Yasai Ramen seharga 800 yen, dan Moyashi Ramen seharga 800 yen. Sedangkan menu yang menjadi favorit pengunjung Teuchi Ramen Muran ini adalah Gomoku Ramen dengan harga seribu yen.

Buka dari hari Selasa sampai Minggu mulai jam 11:30 – 14:00 dan 17:00-20:00 waktu Jepang. Akan tetapi hari Selasa akan tutup jika pada hari itu adalah hari libur nasional. Selain itu, mereka juga tidak akan beroperasi setiap tanggal 30 Desember sampai 2 Januari setiap tahunnya.

  1. Ramen Kinzan Seimesho

Restoran Ramen Kinzan Seimesho terletak tepat di sebelah Stasiun Kataharamachi jika kalian menaiki kereta Takamatsu-Kotohira Electric Railroad Kotohira Line. Menggunakan bahan dasar seperti ayam dan ikan teri untuk membuat kuah kaldu, kekayaan rasanya tentu akan membuat kalian jatuh cinta dengan ramen yang dihidangkan. Bagi pecinta masakan pedas, mungkin harus coba Akadori Soba Chukara seharga 750 yen.

Ramen yang satu ini memiliki kuah berwarna merah cabai yang khas karena dibuat menggunakan minyak cabai spesial dan membuat aroma cabainya kuat. Bila kalian tidak menyukai masakan pedas, cobalah Tori Soba seharga 700 yen. Kuah kaldunya berasal dari berbagai seafood yang terasa nikmat di lidah.

Buka setiap Senin sampai Sabtu dari jam 11:00-14:00 dan 17:00-23:00 waktu Jepang, kalian hanya perlu berjalan kaki sekitar satu menit karena lokasinya yang sangat dekat dengan Stasiun Kataharamachi.

  1. Sanuki Rock

Restoran terakhir dalam daftar ini adalah Sanuki Rock yang menyuguhkan berbagai varian ramen dengan memakai bahan dasar lokal Kagawa. Salah satu varian yang harus dicoba adalah Chinese Soba Shoyu seharga 700 yen yang berisi irisan daging ayam dan ikan teri Ibukijima dalam semangkuk ramen dengan kuah kecap yang lezat.

Selain itu ada juga Chinese Soba Shio yang memiliki kuah bening seharga 750 yen. Mereka menggunakan mie tipis dalam semangkuk ramen. Restoran ini juga menggunakan perut babi pada topping babi panggang yang mereka suguhkan selain menyajikan irisan daging ayam juga.

Buka setiap hari Senin sampai Sabtu mulai jam 11:30-14:00 dan 18:00-00:00 waktu Jepang (bisa tutup lebih awal jika hidangannya telah terjual habis). Selain hari Minggu, mereka juga tutup pada hari libur nasional. Akses menuju restoran ini pun cukup mudah, kalian hanya perlu menaiki kereta Takamatsu-Kotohira Electric Railroad Kotohira Line menuju Stasiun Kawaramachi dan berjalan sekitar lima menit.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



Faiz Fachnaz Saputra 59 Articles
Gamer | IGN: Riyuunyan | Japanese Football Enthusiast | Pokemon Master | Freelance Writer | SAISAI x DIA x UNI.T x BLACKPINK x (G)I-DLE x KHAN