5 Fakta Unik Sistem Pendidikan di Jepang. Patut Dicontoh!




Ujian tidak akan diberlakukan untuk anak sekolah dasar di Jepang hingga mereka duduk di kelas 4

Sistem pendidikan Jepang dinilai sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Untuk masalah pendidikan, Jepang memang berusaha keras tidak hanya mencetak sumber daya manusia yang pintar namun juga membentuk mereka menjadi pribadi disiplin, pekerja keras, dan juga mandiri.

Berikut adalah fakta-fakta unik tentang sistem pendidikan di Jepang yang patut untuk dicontoh seperti yang kami lansir dari laman lifehack.org dan beberapa sumber lainnya:

Baca Juga
Menjadi Negara Kuat Melalui Makan Siang Sekolah
Sistem Pendidikan Yang Teratur Menjadi Rahasia Dibalik Kecerdasan Negeri Sakura
Hari Pertama Masuk Sekolah, Anak di Jepang Diwajibkan Berjalan Kaki
Randoseru, Tas Hitam Kotak Kebanggaan Anak SD di Jepang

1. Tidak ada ujian dalam 3 tahun pertama sekolah

Berbeda dengan di Indonesia, Jepang memberikan kebijakan jika anak murid sekolah dasar tidak akan mendapatkan ujian hingga mereka duduk di kelas 4.

Pihak sekolah akan menitikberatkan pada pembentukan karakter dan pengembangan mental. Karena itu, pelajaran yang diberikan adalah ketrampilan, sosial (bersosialisasi dengan teman), rumah tangga, bahasa nasional, pelajaran berhitung, pengetahuan alam (mengenal alam dan lingkungan), seni, olahraga, dan lompat tali.

2. Tidak petugas kebersihan

Semua kebersihan di lingkungan sekolah adalah tanggung jawab murid. Mulai dari membersihkan kelas, halaman, hingga toilet semuanya dikerjakan oleh kelompok murid yang bertugas sesuai dengan jadwal piket yang sudah ditetapkan. Tidak ada petugas kebersihan di sekolah Jepang.

Hal ini ditujukan agar pada murid bisa belajar berbagi tanggung jawab, dan menumbuhkan rasa memiliki terhadap semua fasilitas yang ada di sekolah. Setiap tahun kelompok tersebut akan dirombak agar semuanya merasakan kerjasama dengan semua murid.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1806 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.