5 Fakta Menarik Seputar Kashima Antlers




Kashima Antlers sukses meraih gelar liga Jepang 2016 usai menundukan Urawa Red di partai final

Kashima Antlers mengejutkan dunia sepakbola internasional usai membantai Atletico Nacional di babak semifinal Piala Dunia Antarklub hari Rabu (14/12) kemarin. Kemenangan yang membawa mereka menjadi tim Jepang sekaligus Asia pertama yang lolos ke partai final ajang tersebut.

Di partai puncak yang akan berlansung hari Minggu (18/12) di Stadion Internasional Yokohama, Antlers akan menantang klub besar asal Spanyol Real Madrid. Di atas kertas, tentu tidak ada yang menjagokan klub yang baru saja meraih gelar juara Liga Jepang itu.

Bagi kalian yang belum banyak mengenai klub yang berasal dari Ibaraki ini, berikut kami hadirkan 5 fakta menarik seputar Kashima Antlers.

1. Arti nama Kashima Antlers

Antlers memiliki arti tanduk rusa

 

Klub pertama kali didirikan pada tahun 1947 oleh Sumitomo Metal Industries, Ltd. di Osaka hingga akhirnya pindah ke Kashima tahun 1975. Setelah pembentukan J. League, mama Kashima Antlers mulai diperkenalkan sebagai pengganti dari Sumitomo Metal Industries Factory Football Club.

Nama Antlers yang berarti tanduk rusa dijadikan nama klub karena secara harafiah nama kota Kashima (鹿島) berarti pulau rusa. Logo klub pun berubah menjadi tanduk rusa.

2. Klub tersukses di Jepang

Antlers baru saja memastikan diri menjadi juara Liga Jepang. Ini adalah gelar liga ke-8 sekaligus semakin mengukuhkan diri mereka sebagai klub tersukses dalam sejarah liga profesional Jepang. Antlers juga sudah berhasil menjuarai piala liga sebagai 6 kali dan piala Kaisar sebanyak 4 kali.

Antlers saat meraih gelar J.League perdana mereka di tahun 1996

3. Tidak pernah degradasi

Selain menjadi klub tersukses di Jepang, Antlers juga menjadi salah satu klub yang belum pernah mengalami degradasi sejak J.League digulirkan pada tahun 1993. Satu tim lagi adalah Yokohama F. Marinos.

4. Bermarkas di salah satu stadion Piala Dunia 2002

Saat Jepang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002 bersama Korea Selatan, Kashima ditunjuk sebagai salah satu kota penyelenggara. Markas dari Antlers yakni Kashima Soccer Stadium menggelar tiga pertandingan Piala Dunia.  Hingga sekarang di depan stadion terdapat banyak lukisan di tembok kenang-kenangan dari Piala Dunia 2002.

5. Sprit of Zico

Spirit of Zico selalu diusung oleh suporter Antlers saat mendukung klub kebanggaan mereka

Setelah didirikan dan berlaga di JSL (Japan Soccer League) Antlers (Sumitomo Metal Industries Factory Football Club) bukanlah klub besar. Nasib mereka berubah ketika berhasil mendatangkan bintang asal Brazil, Zico di tahun 1991.

Pemain berjuluk Pele putih itu tak hanya membuat Anters menjadi klub yang diperhitungkan di Jepang namun membuat nama Kashima dan Ibaraki menjadi terkenal di Jepang.

Sebagai rasa terima kasih, Antlers membuat patung Zico di depan stadion mereka dan para suporter mereka selalu memberikan dukungan dengan membentangkan spanduk besar bertuliskan “Spirit of Zico”.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



thedailyjapan 2216 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.